logo madu vitummy
Search
Close this search box.

8 Manfaat Umbi Garut, Siapa Sangka Banyak Manfaatnya!

manfaat umbi garut

Moms, siapa sih yang tidak tahu umbi garut? Jenis umbi-umbian yang satu ini memang banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Selain mudah ditemui, umbi garut ternyata punya banyak manfaat loh, Moms. 

Nah, kira-kira apa saja manfaat umbi garut untuk kesehatan tubuh? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. Tidak hanya itu, rasa umbi garut juga akan dijelaskan secara detail. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Moms! 

Apa itu Umbi Garut? 

Meskipun terdengar populer, tapi beberapa orang mungkin belum mengetahui tentang umbi garut. Menurut laman Eprints Undip, umbi garut (Marantha arundinacea) adalah salah satu jenis tanaman umbi-umbian lokal yang banyak dijumpai di wilayah Indonesia. 

Kementerian Pertanian bahkan menyebutkan dalam lamannya beberapa daerah yang termasuk tempat tumbuh umbi garut, antara lain Pekalongan, Betawi, Sunda, Ciamis, Tasikmalaya, Banten, Padang, Ambon, Aceh, dan Jawa Timur.

Daerah-daerah tersebut juga memiliki nama-nama tersendiri untuk menyebutkan umbi garut. Contohnya lerut (Pekalongan), angkrik (Betawi), patat (Sunda), sagu (Ciamis dan Tasikmalaya), tarigu (Banten), sagu Belanda (Padang, Ambon dan Aceh) atau larut, pirut, kirut (Jawa Timur). 

Dari berbagai tempat produksi yang telah disebutkan, umbi garut biasanya dimanfaatkan menjadi beberapa bahan makanan. Moms harus tahu bahwasannya banyak jenis makanan yang dibuat dari tepung pati garut. 

Masih dalam laman yang sama, BBPP Lembang Kementerian Pertanian menyebutkan bahwa tepung pati garut dapat digunakan sebagai alternatif tepung terigu. Selanjutnya, tepung pati akan dimanfaatkan untuk pembuatan kue, mie, roti kering, bubur bayi, dan makanan diet nasi. 

Selain itu, tepung pati garut juga sering digunakan dalam industri kimia, kosmetik, pupuk gula cair, dan obat-obatan. Oleh karenanya, umbi garut punya peran penting dalam kehidupan perekonomian masyarakat Indonesia ya, Moms. 

Bagaimana Rasa Umbi Garut? 

mengenal umbi garut atau pati garut

Menurut Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, tepung umbi garut yang telah dicampur karagen tidak memberikan pengaruh signifikan dalam segi rasa ya, Moms. Sebab, karakteristik karagen itu sendiri tidak memiliki rasa atau hambar. Oleh karenanya, tidak memengaruhi rasa tepung umbi garut yang juga layaknya tepung-tepung yang lain. 

Jadi, apabila Moms penasaran bagaimana rasa umbi garut? Jawabannya adalah tidak memiliki rasa atau hambar ya, Moms. Jawaban ini berdasarkan aplikasinya dalam bahan makanan mi yang telah dicampur dengan karagen. Meski demikian, rasa ini bisa menjadi acuan bagi setiap orang. 

Manfaat Umbi Garut 

Setelah tahu tentang umbi garut dan rasanya, lalu apa saja manfaat umbi garut ya, Moms? Dilansir dari berbagai penelitian, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diberikan umbi garut bagi setiap orang yang mengonsumsinya. 

Berikut beberapa manfaat yang perlu Moms ketahui. 

Membantu Mencegah Penyakit Kronis 

Manfaat umbi garut yang pertama adalah membantu mencegah penyakit kronis. Alasannya, umbi garut termasuk jenis umbi-umbian yang punya indeks glikemik rendah. Kondisi ini membuatnya sangat cocok untuk orang yang melakukan diet. 

Menurut laman National Institute of Health, diet dengan nilai indeks glikemik rendah dapat meningkatkan pencegahan penyakit kronis. Beberapa contoh penyakit yang dimaksud, yaitu jantung koroner dan diabetes. 

Kedua penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang sangat dipengaruhi oleh porsi dan jenis makanan. Sebab, pada individu yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, makanan rendah glikemik akan mengontrol rasa kenyang, sehingga memudahkan pengendalian asupan makanan. 

Oleh karenanya, membantu mencegah penyakit kronis, seperti jantung koroner dan diabetes termasuk manfaat mengonsumsi umbi garut ya, Moms. 

Sumber Karbohidrat Tubuh 

Manfaat selanjutnya dari umbi garut adalah sebagai sumber karbohidrat tubuh ya, Moms. Menurut laman E-Journal UAJY, umbi garut tinggi akan kandungan karbohidrat. Kandungan umbi garut yang satu ini biasanya didapatkan dalam bentuk pati. 

Mengonsumsi pati garut akan memberikan nutrisi, berupa karbohidrat dan kalori dalam tubuh. Hasilnya, salah satu jenis umbi-umbian yang satu ini sering dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti makanan pokok, seperti nasi, kentang, singkong, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu, tepung pati garut juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat kue kering atau basah, serta cendol dan makanan lainnya. Oleh karenanya, manfaat umbi garut bisa disebut sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh. 

Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Kesehatan pencernaan juga bisa dijaga dengan memanfaatkan umbi garut loh, Moms. Seperti dilansir dari Jurnal Pangan dan Agroindustri, umbi garut tinggi akan kandungan serat. Oleh karenanya, semua produk makanan olahan umbi garut dapat membantu kesehatan sistem pencernaan. 

Selengkapnya: Umbi Garut untuk Asam Lambung.

Meningkatkan Imun Tubuh 

Imun tubuh tidak lepas dari manfaat umbi garut. Hal ini dikarenakan kandungan Lactobacillus aerobica punya prebiotik oligosakarida. Fungsinya adalah membantu menghilangkan bakteri jahat dalam usus. 

Moms, kondisi usus pencernaan yang bebas dari bakteri akan mendukung imun tubuh lebih kuat. Hasilnya akan mencegah tubuh dari patogen-patogen penyebab penyakit. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan dari umbi garut dapat meningkatkan imun tubuh. 

Menurunkan Risiko Anemia 

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Nah, kondisi ini ternyata bisa dicegah salah satunya dengan mengonsumsi umbi garut. Pasalnya, terdapat kandungan fosfor dan zat besi di dalamnya. 

Keduanya sangat bermanfaat untuk mencegah risiko terkena anemia. Caranya dengan mengonsumsi secara rutin umbi garut, baik secara langsung maupun yang telah diolah menjadi beberapa bahan makanan. 

Membantu Mengatasi Luka Bakar 

Luka bakar biasanya disebabkan oleh panas atau radiasi, radioaktivitas, listrik. gesekan atau kontak dengan bahan kimia. Nah, beberapa jenis luka bakar, terutama yang ringan ternyata bisa diredakan dengan umbi garut nih, Moms. 

Seperti dalam laman Innovation IPB, tanaman garut memiliki potensi yang digunakan sebagai bahan baku siklodekstrin yang ekonomis. Siklodekstrin dihasilkan dari pati garut yang mengandung enzim khusus. 

Hasilnya, siklodekstrin dapat dijadikan sebagai bahan penstabil, pembuat kapsul dan pelindung dari reaksi (oksidasi, cahaya, panas, evaporasi) pada industri pangan dan non-pangan. Oleh karenanya, umbi garut dinilai bermanfaat untuk membantu mengatasi luka bakar. 

Membantu Mengobati Infeksi Saluran Kemih 

Penyakit lain yang bisa diredakan dengan mengonsumsi umbi garut adalah infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan umbi garut punya efek untuk meredakan peradangan atau iritasi. Selain itu, juga memiliki sifat antiseptik yang membantu meredakan infeksi saluran kemih. 

Membantu Meredakan Sakit Gusi dan Mulut 

Manfaat terakhir umbi garut adalah membantu meredakan sakit gigi dan gusi. Sebab, terdapat kandungan antiinflamasi di dalamnya ya, Moms. Oleh karenanya, dengan rutin mengonsumsi umbi garut maka akan mencegah Moms untuk membantu mencegah dari mengalami kondisi tersebut. 

Baca Juga: Efek Samping Umbi Garut.

Itulah beberapa manfaat yang perlu Moms ketahui. Lalu, apakah Moms tertarik mengonsumsi umbi garut? Yuk, share pengalaman Moms pada kolom komentar di bawah ini! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?