Kesehatan

5 Tips Dan Manfaat Mengelus Perut Saat Hamil

/

by inasa raskandi


Kehamilan merupakan masa yang paling membahagiakan bagi para pasangan suami istri yang sedang menantikan kehadiran calon buah hati dalam keluarga. Bagi mereka, mungkin rasanya akan sangat tidak sabar untuk segera menumpahkan kasih sayang pada sang buah hati.

Dengan begitu, kita biasanya akan secara sadar dan tidak sadar mengelus perut saat hamil sebagai salah satu tanda kasih sayang kita kepada calon buah hati.

Namun, pernahkah moms mendengar bahwa jangan terlalu sering mengelus perut saat hamil, apalagi ketika perut semakin kencang dan menonjol? Masyarakat percaya bahwa terlalu sering mengelus perut ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi rahim dan bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur.

Padahal, mengelus perut ibu hamil justru memiliki banyak manfaat, lho. Berikut adalah penjelasannya.

Mommy Juga Perlu Tahu! Berbagai Macam Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Manfaat Mengelus Perut saat Hamil

vitummy | 5 Tips Dan Manfaat Mengelus Perut Saat Hamil

Ada banyak alasan mengapa ibu hamil sering mengelus perutnya, seperti untuk membuat tubuh agar menjadi rileks, mengurangi rasa tidak nyaman karena iritasi kulit, sebagai ungkapan rasa bahagia, hingga bentuk komunikasi dan menyampaikan kasih sayang pada bayi di dalam kandungan.

Dilansir dari laman halodoc, mengelus perut saat hamil justru dinilai dapat memberikan banyak manfaat yang positif bagi ibu hamil maupun sang bayi, seperti:

Menstimulasi Perkembangan Otak Janin

Menstimulasi perkembangan otak bayi dapat dilakukan sejak ia dalam kandungan, salah satunya adalah dengan mengelus perut saat hamil untuk merangsang perkembangan otak janin.

Menurut dr. Herbowo Soetomenggolo, SpA(K), yang dikutip dari laman theasianparent.com, otak bayi sudah mulai terbentuk sejak awal kehamilan, begitu juga dengan kulit yang sudah terbentuk dan berfungsi sejak usia kehamilan 8 bulan.

Nah, agar otak bayi dapat berkembang dengan baik, otak bayi tidak hanya membutuhkan makanan, tapi juga stimulasi. Stimulasi ini dapat dilakukan dengan memberikan rangsangan pada kulit bayi, yaitu dengan cara mengelus kulit perut sang ibu.

Menyampaikan Rasa Kasih Sayang Orang Tua pada Janin

vitummy | 5 Tips Dan Manfaat Mengelus Perut Saat Hamil

Menurut beberapa artikel kesehatan, mengelus perut saat hamil dapat menyampaikan rasa sayang kita pada bayi sejak dalam kandungan. Dengan begitu, bayi akan tumbuh kembang dengan baik dan optimal.

Selain itu, mengelus bayi saat hamil dipercaya dapat membuat bayi menjadi tenang ketika dilahirkan karena merasa disayangi dan diinginkan oleh kedua orang tuanya.

Membangun Hubungan Baik antara Anak dan Orang Tua

Moms, mengelus perut saat hamil dinilai dapat membangun ikatan kuat antara ibu dan bayi lho. Semakin sering mengelus perut saat hamil, mengajaknya bicara, atau bahkan menyanyi, dapat membuat bayi mudah mengenali ibu ketika bayi lahir nanti. Hal ini tentu dapat membangun hubungan baik dan mempererat ikatan antara ibu dan bayi.

Membuat Bayi Merasa Aman dan Nyaman

Pada usia kehamilan 8 minggu bayi dalam kandungan sudah bisa merasakan adanya sentuhan sang ibu. Jadi, apabila bayi dalam perut rewel, misalnya menendang-nendang, moms dapat mencoba menenangkannya dengan cara mengusap-ngusap perut.

Selain untuk menstimulasi perkembangan otak dan berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan, mengelus perut saat hamil juga dinilai dapat membuat tidur ibu hamil menjadi lebih nyenyak, meningkatkan sirkulasi darah pada area perut, serta dapat memperbaiki suasana hati ibu hamil.

Cara Mengelus Perut Saat Hamil

vitummy | 5 Tips Dan Manfaat Mengelus Perut Saat Hamil
Meskipun mengelus perut saat hamil memiliki banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam perut, tapi mengelus perut saat hamil ternyata membutuhkan cara yang benar agar manfaat tersebut dapat dirasakan oleh ibu dan bayi dengan sangat baik.

Berikut adalah cara mengelus perut saat hamil yang benar.

Atur Posisi Yang Baik

Moms dapat mengelus perut saat hamil dengan cara berbaring miring dengan menambahkan bantal di bawah perut, di belakang punggung, dan di antara lutut.

Selain itu, moms juga bisa duduk tegak di tempat tidur dan bersandar ke bantal sambil meluruskan kaki dengan posisi menyilang ke depan.

Hindari Menekan Area Perut Terlalu Keras

vitummy | 5 Tips Dan Manfaat Mengelus Perut Saat Hamil

Mengelus perut saat hamil memang baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Meski demikian, hindari menggosok atau menekan area perut terlalu keras dan kuat. Usaplah perut dengan lembut dan lambat dengan gerakan O atau C.

Moms atau dads juga bisa menambahkan lotion, minyak, bahkan lap untuk mengelus dan memijat perut. Namun, pastikan lotion dan minyak yang digunakan aman untuk dipakai oleh ibu hamil ya.

Atur Napas Dengan Baik

Sambil mengelus perut saat hamil, aturlah napas dengan cara menarik napas yang dalam, kemudian hembuskan secara perlahan. Hal ini juga dapat membantu moms menjadi semakin rileks dan tenang.

Sering Mengalami Sesak Napas Saat Hamil? Jangan Panik, Berikut Cara Mengatasinya

Nah itulah informasi tentang mengelus perut saat hamil. Mengelus perut sangatlah baik untuk merangsang gerak aktif bayi ketika dalam kandungan. Untuk memberikan kasih sayang pada anak, moms juga bisa memberikan Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur ketika anak sudah di atas usia 1 tahun.

Madu Vitummy terbuat dari madu alami dan ekstrak tanaman herbal seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memelihara kesehatan pencernaan, menaikan nafsu makan, dan mencegah tubuh dari infeksi cacing parasit.

Dengan Madu Vitummy, kebutuhan gizi anak terpenuhi sehingga anak dapat tumbuh kembang dengan optimal.

Yuk miliki Madu Vitummy sekarang juga.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar