Niat Puasa Senin Kamis dan 5+ Manfaat Menjalankannya

Moms, tak terasa ya beberapa minggu lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Nah, untuk melatih puasa Ramadhan pada si kecil, kita bisa memulainya dengan mengajarkan puasa senin kamis.

Puasa senin kamis merupakan puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan puasa senin kamis ini merupakan salah satu rutinitas Rasulullah SAW, seperti yang dijelaskan dalam Hadits Riwayat Tirmidzi, yang berbunyi:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari senin dan kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa”. (HR Tirmidzi)

Lantas, apa niat puasa senin kamis dan apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Yuk kita pelajari bersama.

Baca Juga: Mengenal Istilah dan Tanda Mood Swings

Niat Puasa Senin dan Kamis

vitummy | Niat Puasa Senin Kamis dan 5+ Manfaat Menjalankannya

Moms, amalan niat puasa senin kamis bisa dibaca ketika hendak berpuasa pada hari senin atau kamis. Berikut adalah niat puasa senin yang bisa moms ajarkan pada si kecil:

Niat Puasa Senin Versi Pertama

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: “Aku berniat puasa sunah hari Senin ini karena Allah Taala”.

Niat Puasa Senin Versi Kedua

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati yaumil itsnaini lillâhi ta‘âlâ

Artinya: “Aku berniat puasa sunah hari Senin ini karena Allah Taala”.

Puasa Kamis

Sementara untuk niat puasa hari kamis, berikut adalah bunyinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: “Saya niat puasa pada hari kamis, sunat karena Allah Ta’aalaa”.

Sama seperti niat puasa Ramadhan atau puasa lainnya, niat puasa senin kamis ini dibaca malam hari hingga menjelang waktu subuh. Tata cara pelaksanaanya pun hampir sama seperti puasa wajib, yakni dari waktu imsak hingga magrib.

Tata Cara Melaksanakan Niat Puasa Senin Kamis

vitummy | Niat Puasa Senin Kamis dan 5+ Manfaat Menjalankannya

Meski puasa senin kamis merupakan puasa sunnah, namun puasa ini tetap memiliki tata cara yang harus diikuti. Berikut adalah tata cara puasa senin kamis yang perlu dilakukan:

Sunnah Makan Sahur

Makan sahur sebelum menjalankan niat puasa senin atau kamis hukumnya sunnah, yakni bila dikerjakan mendapat pahala, jika tidak maka tidak berdosa. Namun, makan sahur ini sebaiknya tetap dikerjakan karena dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Membaca Niat Puasa Senin dan Kamis

Niat puasa senin kamis atau ibadah lainnya termasuk kedalam rukun dalam melakukan ibadah apapun. Tanpa niat, sebuah ibadah tidak sah.

Jadi, ketika hendak melakukan puasa, pastikan niat puasa senin kamis ini diikutsertakan agar puasanya khusyu, ditolong Allah, dan terhindar dari maksiat.

Tidak Melakukan Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Niat Puasa Senin Kamis

Ketika membaca niat puasa senin atau kamis, seseorang biasanya akan menjaga dan menahan dirinya dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, seperti:

  • Makan dan minum dengan sengaja
  • Jima’ atau kumpul dengan pasangan yang dilakukan secara sadar
  • Berbohong, baik itu kebohongan kecil atau besar
  • Membicarakan orang lain
  • Merokok
  • Muntah
  • Mengeluarkan mani
  • Bersetubuh
  • Haid atau nifas
  • Gila dan pingsan

Menyegerakan Buka Puasa dan Membaca Doa pada Waktunya

Moms, selain melakukan sahur dan niat puasa senin atau kamis, menyegerakan buka puasa pada waktunya (setelah masuk waktu magrib) juga sunnah yang perlu dilaksanakan.

Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim tentang anjuran menyegerakan buka puasa yang berbunyi:

نَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut ini adalah doa buka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezekiMu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Selain itu, jangan lupa untuk membaca Basmallah terlebih dahulu sebelum mengucapkan doa buka puasa. Doa buka puasa ini diucapkan sebelum membatalkan puasa ketika memasuki adzan magrib dengan harapan agar puasanya diterima oleh Allah SWT.

Agar puasanya semakin berkah, selalu amalkan baca Quran selepas shalat, setelah subuh, atau malam hari. Hal ini juga bisa membantu si kecil agar terbiasa menjalankan ibadah sebagai umat muslim.

Manfaat Niat Puasa Senin dan Kamis

vitummy | Niat Puasa Senin Kamis dan 5+ Manfaat Menjalankannya

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan puasa senin kamis. Manfaat tersebut berupa:

Membantu Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Melaksanakan puasa, entah itu puasa wajib atau puasa sunnah bisa memberi pengaruh yang besar bagi kehidupan dan pribadi seseorang.

Sebab, puasa membantu seseorang untuk melatih kesabaran, mengontrol diri, menahan hawa nafsu, dan meningkatkan kualitas ibadah atau ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai umat muslim.

Dengan melakukan puasa, kita bisa melatih jiwa untuk menjadi lebih baik, baik itu secara jasmani atau rohani. Dengan berpuasa, kita juga bisa terhindar dari perbuatan buruk, misalnya perselisihan akibat tidak bisa mengontrol emosi.

Mengistirahatkan Pencernaan

Puasa senin dan kamis membantu tubuh untuk mengistirahatkan sistem pencernaanya. Selain itu, mikroorganisme dalam tubuh pun akan ikut beristirahat karena selama puasa tidak ada asupan makanan yang masuk.

Membersihkan Tubuh dari Racun

Ketika melakukan puasa, asupan racun yang masuk ke dalam tubuh pun akan ikut terbatasi. Selain itu, ketika menjalankan puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan kalori sehingga enzim antioksidan dalam tubuh dapat membersihkan zat-zat beracun dan karsinogenik, kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Dengan begitu, melaksanakan puasa senin kamis atau puasa lainnya bisa membantu tubuh untuk membuang sisa-sisa metabolisme sehingga tubuh terhindar dari risiko penyakit, seperti kanker, sembelit, atau penuaan dini.

Diet Alami Tubuh

Manfaat lainnya dari puasa senin kamis adalah dijadikan sebagai diet alami tubuh. Ketika puasa, tubuh otomatis tidak akan mendapatkan asupan kalori atau lemak yang bisa menambah berat badan.

Meski demikian, moms atau si kecil dianjurkan untuk melaksanakan sahur dan menyegerakan buka puasa dengan makanan yang kaya gizi sehingga tubuh tetap mendapatkan nutrisi meski sedang berpuasa.

Jangan lupa untuk mengonsumsi Madu Vitummy setiap sahur dan buka puasa agar kesehatan tubuh si kecil, terutama pencernaanya tetap terjaga.

Selain itu, puasa senin kamis pun bisa membantu kita untuk mendapatkan ampunan dan pahala dari Allah SWT, terhindar dari dosa dan fitnah, melancarkan rezeki, dan mendekatkan diri dengan jodoh.

Apakah Puasa Sunnah Senin Kamis Bisa Mengganti Puasa Ramadhan?

Pertanyaan tentang puasa senin kamis bisa ganti puasa wajib Ramadhan memang banyak dilontarkan oleh sebagian orang. Nah, jawabannya adalah bisa.

Meski begitu, puasa senin kamis ini tetap disebut sebagai puasa Qadha. Dengan begitu, niat puasa senin kamis nya pun diganti menjadi niat puasa Qadha.

Berikut adalah bacaan niat puasa Qadha:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadha’I fardhi syahri Ramadhana lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT”.

Puasa Qadha ini bisa dilaksanakan pada hari senin kamis, atau hari-hari lainnya kecuali hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Apakah Puasa Sunnah Senin Kamis Bisa Dilakukan di Salah Satu Hari Saja?

vitummy | Niat Puasa Senin Kamis dan 5+ Manfaat Menjalankannya

Mungkin pertanyaan tentang bolehkah puasa senin kamis hanya di salah satu harinya saja. Nah, jawabannya adalah boleh. Para ulama menjelaskan bahwa puasa senin kamis bukan satu kesatuan. Dengan begitu, orang boleh puasa di hari senin atau kamis saja.

Seperti yang dijelaskan oleh Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi, bahwa tidak masalah jika ingin puasa Senin saja atau Kamis saja. Karena yang dilarang adalah puasa hari Jumat saja.

Kenapa Harus Melaksanakan Puasa Senin Kamis?

Jika moms pernah bertanya-tanya dalam benak, kenapa puasa senin dan kami ini istimewa, jawabannya karena pada hari senin merupakan hari di mana Rasulullah dilahirkan. Hal ini dijelaskan dalam HR Muslim dari Abi Qatadah, yang berbunyi:

عَنْ أبِي قَتادَةَ الأنْصارِيِّ، أنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ الِاثْنَيْنِ؟ فَقالَ: «فِيهِ وُلِدْتُ وفِيهِ أُنْزِلَ

عَلَيَّ

Artinya: “Rasulullah dimintai keterangan terkait puasa hari Senin, beliau menjawab, di hari Senin aku dilahirkan dan di hari itu pula aku menerima wahyu”.

Selain itu Rasulullah juga menjelaskan tentang puasa hari kamis dalam HR Tirmidzi dan lainnya yang berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ الْأَعْمَالُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah bersabda, seluruh amal hamba itu dilaporkan di hadapan Allah pada hari senin dan hari kamis. Aku senang sekali jika amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa”. (HR Tirmidzi dan lainnya)

Itulah informasi tentang niat puasa senin kamis dan manfaatnya, semoga informasi tersebut bisa membantu moms untuk mengajarkan puasa pada si kecil. Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang pola asuh atau kesehatan anak, maka bisa kunjungi website madu vitummy.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar