5+ Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua

Sebagai orang tua, sudah seharusnya kita menjadi seorang teladan bagi anak-anak kita. Mengapa demikian? Karena anak akan belajar tentang banyak hal dari orang tuanya.

Namun, pernah sadar gak sih moms, tak hanya orang tua mengajarkan anak, tapi ketika menjadi orang tua, kita pun akan belajar banyak hal dari anak kita.

Seperti kata pepatah yang mengungkapkan bahwa saat anak dilahirkan, bukan hanya ada proses anak dilahirkan dari rahim seorang ibu, namun ada juga proses di mana seorang wanita biasa dilahirkan menjadi seorang ibu.

Akan ada banyak pelajaran dari anak untuk orang tua, bahkan jauh dari sebelum mereka dilahirkan. Itulah mengapa anak sering disebut sebagai anugerah terindah dan harta berharga bagi orang tua.

Lantas apa saja pelajaran dari anak untuk orang tua? Yuk kita simak dalam ulasan berikut ini.

Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua

Ada banyak pelajaran hidup yang dapat dipetik dari anak-anak kita, seperti tidak takut untuk bertanya, menerima kekurangan, atau tetap berusaha hidup bahagia meskipun badai menerpa.

Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua Tentang Menjadi Sabar dan Pemaaf

vitummy | 5+ Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Anak-anak sering melakukan hal-hal yang dapat menguji kesabaran dan emosional.

Anak-anak biasanya belum mengerti situasi dan kondisi di sekitarnya. Mereka pun kerap melakukan hal-hal di luar kendali, seperti rewel, tantrum, atau hal lainnya yang dapat membuat orang tuanya naik pitam.

Dengan demikian, sebagai orang tua yang baik, kita akan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan belajar untuk mengontrol emosi dalam mendidik dan menghadapi seorang anak sehingga tidak meluapkan emosi yang dapat menyakiti perasaan anak.

Mengajarkan untuk Pantang Menyerah

Moms, anak-anak biasanya akan melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kegigihan dan semangat itu adalah hal yang kita butuhkan untuk menjalani hidup dan terus maju pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan.

Anak adalah Semangat Orang Tua

vitummy | 5+ Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua

Salah satu pelajaran dari anak untuk orang tua adalah terus semangat. Moms pasti sering mendengar bahwa anak adalah semangat orang tua.

Ketika kita lelah, lesu, dan tidak ada semangat sama sekali, kemudian kita melihat anak kita melakukan aktivitas dengan penuh semangat dan gairah, biasanya semangat mereka akan menular pada kita. Segala beban dan pikiran akan terasa hilang begitu saja ketika kita melihat anak kita yang ceria.

Mengajarkan Trend dan Teknologi Terbaru

vitummy | 5+ Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua

Salah satu pelajaran dari anak untuk orang tua adalah tentang trend dan teknologi terbaru. Apalagi di era modern ini, semua hal pasti berbau teknologi dan digital, termasuk hal-hal yang bersangkutan dengan tata cara parenting anak.

Dengan demikian, orang tua mau tidak mau harus belajar untuk mengikuti trend tersebut agar dapat menyesuaikan dengan kehidupan sang anak.

Kita akan dihadapkan dengan kemungkinan baik atau buruk dari pengaruh teknologi digital. Misalnya, ketika kita mendengar bahwa gadget dapat membawa dampak buruk, namun di sisi lain apabila digunakan dengan baik dan benar akan menjadi manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain itu, penting bagi orang tua mempelajari trend yang ada agar dapat mengarahkan anak ke jalan yang benar, terhindar dari cyberbullying, atau kesalahan-kesalahan lainnya yang dipicu oleh sebuah trend.

Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua agar Bersikap Apa Adanya

Moms, tanpa sadar banyak tuntutan yang mengharuskan kita bersikap ini itu, melakukan ini itu, dan bahkan kerap membandingkan diri kita dengan orang lain.

Kita selalu memikirkan apa pendapat orang lain tentang diri kita. Sehingga pada akhirnya, kita hidup mengikuti pendapat orang lain ketimbang keyakinan dan keinginan kita.

Nah, salah satu pelajaran anak untuk orang tua adalah mengajarkan kita untuk hidup apa adanya. Kebanyakan anak-anak yang masih polos cenderung melakukan hal yang mereka inginkan tanpa memikirkan pendapat orang lain. Mereka tidak takut gagal atau terluka meskipun dianggap buruk oleh orang lain.

Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua Agar Tidak Takut untuk Bermimpi

Moms, pelajaran dari anak untuk orang tua adalah tidak takut untuk bermimpi. Ketika dewasa, kita seringkali terlalu memikirkan banyak petimbangan dalam melakukan suatu hal.

Namun, lihatlah anak kecil, ketika ditanya mau jadi apa dan mau apa, mereka biasanya akan menjawab dengan penuh antusias.

Anak-anak Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

vitummy | 5+ Pelajaran dari Anak untuk Orang Tua

Moms, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Namun, rasa ingin tahu di sini bukanlah penasaran atau ingin ikut campur terhadap urusan orang lain.

Mereka memiliki rasa ingin tahu terhadap informasi, pengetahuan, atau wawasan yang membuka pikiran tentang cara melihat dunia.

Anak-anak membukakan mata dan pikiran terhadap suatu hal yang tidak terlihat atau mungkin dianggap biasa saja oleh orang tua.

Mengajarkan Bahwa Proses Lebih Penting daripada Hasil

Moms, sadar tidak sadar, ketika kita menemani atau mengajari anak tentang sesuatu hal, seperti cara menulis, menggambar, atau membaca, kita menyaksikan bagaimana dia menikmati proses.

Mereka akan merasa puas atau bangga meskipun hasil dari gambarnya tidak sempurna. Itulah mengapa anak secara tidak sadar mengajarkan kita untuk menikmati proses dari suatu hal yang dilakukan.

Anak Mengajarkan Kita untuk Jujur Pada Diri Kita Sendiri

Sebagai orang tua, kita tidak mau anak kita memiliki kebiasaan berbohong. Kita mungkin akan sering mengatakan pada anak kita untuk jangan berbohong.

Padahal, secara tanpa sadar, kita pun sering membohongi diri kita sendiri bahkan mungkin orang lain.

Meskipun terkadang situasi mengharuskan kita untuk berbohong, namun jangan terlalu sering ya moms. Cobalah jujur pada diri sendiri terlebih dahulu.

Menunjukan Kasih Sayang

Moms, anak-anak cenderung mudah menunjukan perasaan atau kasih sayang mereka. Contohnya, ketika ibunya bekerja, mereka biasanya akan menangis karena tidak mau pisah dengan orang tuanya.

Hal ini mengajarkan kita bahwa jangan takut untuk menunjukan kasih sayang kepada yang kita miliki untuk orang yang kita sayangi.

Itulah beberapa pelajaran dari anak untuk orang tua yang perlu kita sadari. Menjadi orang tua memang bukanlah hal yang mudah.

Banyak hal yang perlu kita pertimbangkan untuk memutuskan suatu hal. Namun, jangan sampai hal tersebut menghambat pemberian asupan gizi sehingga mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak.

Untuk menunjukan kasih sayang dan kepedulian kita, berikanlah Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur. Dengan Madu Vitummy, nafsu makan anak naik, ibu bebas panik.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar