5+ Penyebab Cacingan pada Ibu Hamil, Harus Diwaspadai, Yuk Simak Ulasannya!

Moms, apakah ibu hamil berpotensi terkena cacingan? Perlu Moms ketahui bahwa cacingan bisa dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan parasit bisa menginfeksi segala usia, seperti anak-anak, dewasa, dan bahkan ibu hamil. 

Cacingan pada ibu hamil dapat memberikan dampak buruk terhadap kondisi kehamilan. Keadaan ini menjadikan setiap ibu hamil harus waspada dan mencegah hal ini bisa terjadi kepada mereka. 

Nah, kira-kira bagaimana caranya ya, Moms? Caranya bisa dilakukan dengan memahami penyebab cacingan pada ibu hamil. Selain itu, juga bisa dengan memahami risiko yang ditimbulkan dari infeksi ini. 

Simak di bawah ini untuk memahami mengenai hal tersebut ya, Moms! 

Penyebab Cacingan pada Ibu Hamil 

madu vitummy

Moms, banyak penyebab cacingan pada ibu hamil yang sering tidak disadari. Pasalnya, berbagai penyebab sangat berdekatan dengan aktivitas yang sering dilakukan. 

Seperti dilansir dari laman hello sehat terdapat beberapa penyebab cacingan pada ibu hamil. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

Baca Juga: Cacingan Bisa Dicegah Dengan Cara Apa? Simak 5+ Jawaban Berikut!

Mengonsumsi Air Minum yang Kotor 

Air minum merupakan kebutuhan vital setiap orang, terutama untuk ibu hamil. Alasannya karena kebutuhan air minum ibu hamil lebih banyak dibanding orang pada umumnya. 

Seperti dilansir dari laman ui, tambahan jumlah air minum per hari yang dibutuhkan ibu hamil dengan oligohidramnion berkisar antara 1.500-2.500 ml. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ICA pada ibu hamil. 

Meningkatnya kebutuhan air dalam tubuh ibu hamil seharusnya menjadikan mereka lebih waspada terhadap kebersihan air. Pasalnya, mengonsumsi air minum yang kotor berpotensi mengandung telur cacing. 

Kandungan telur cacing dalam air minum yang dikonsumsi dan masuk kedalam tubuh menjadi penyebab cacingan pada ibu hamil. 

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Larva Cacing 

Daging merupakan salah satu jenis makanan yang berpotensi mengandung larva cacing. Kondisi ini menjadikan konsumsi daging sebaiknya dalam keadaan matang. Sebabnya, mengonsumsi daging mentah bisa menjadi penyebab cacingan pada ibu hamil. 

Daging yang mengandung larva cacing biasanya dikarenakan tempat produksinya yang kotor. Bahkan dalam beberapa kasus dikarenakan sumber makanan hewan yang tidak sehat. Oleh karena itu, memilih daging yang sehat dan higienis menjadi keharusan setiap orang. 

Tidak Menjaga Kebersihan 

Tidak menjaga kebersihan merupakan penyebab cacingan pada ibu hamil lainnya. Bentuknya seperti mengabaikan kebiasaan cuci tangan dan kaki, selalu bersentuhan dengan tempat-tempat kotor, dan membiarkan lingkungan tempat tinggal kotor. 

Berbagai tindakan tersebut akan memicu infeksi cacing ke dalam tubuh seseorang. Alasannya karena telur cacing dapat menginfeksi tubuh seseorang terutama ibu hamil dengan cara masuk melalui kulit, sehingga sangat perlu menjaga kebersihan. 

Buang Air Besar (BAB) Sembarangan 

Penyebab cacingan pada ibu hamil selanjutnya adalah buang air besar sembarangan. Kondisi ini dikarenakan BAB sembarangan bisa menyebabkan kontak langsung dengan parasit. Terutama di tempat-tempat yang kotor. 

Oleh karena itu, melakukan aktivitas buang air besar juga harus dilakukan di tempat (toilet) yang bersih. Tindakan ini untuk melindungi ibu hamil dari terkena cacingan. 

Membuang Kotoran Hewan Sembarangan 

Kotoran hewan merupakan salah satu sumber parasit cacing. Membuang kotoran hewan sembarangan artinya menyebarkan sumber-sumber cacingan, salah satunya untuk ibu hamil. Kondisi ini menjadikan penyebab cacingan pada ibu hamil. 

Menempati Daerah yang Sanitasinya Buruk 

Sanitasi merupakan upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui pengawasan faktor lingkungan. Sanitasi yang buruk akan menciptakan lingkungan dan masyarakat yang tidak sehat. 

Keadaan ini kemudian menjadi tempat berkembangnya parasit cacing yang bisa menular pada manusia. Oleh karena itu, dengan menempati daerah yang sanitasinya buruk adalah penyebab cacingan pada ibu hamil. 

Tinggal di Daerah yang Penduduknya Mayoritas Cacingan 

Seperti telah disebutkan, lingkungan tempat tinggal merupakan penyebab cacingan pada ibu hamil. Hal ini didukung apabila daerah tersebut mayoritas penduduknya cacingan. Alasannya karena infeksi cacingan bisa menular melalui banyak hal. 

Itulah beberapa penyebab cacingan pada ibu hamil yang harus diwaspadai ya, Moms. Memahami hal tersebut dapat mencegah dari infeksi cacing yang dapat mengakibatkan cacingan. 

Bahaya yang Ditimbulkan Penyebab Cacingan pada Ibu Hamil 

Penyebab Cacingan pada Ibu Hamil

Setelah mengetahui penyebab cacingan pada ibu hamil, Moms juga harus tau mengenai bahaya yang ditimbulkan. Ada banyak bahaya pada ibu hamil ketika mengalami cacingan. 

Seperti dilansir dari laman hello sehat, menurut studi yang diterbitkan International Journal of Women’s Health, banyak pengaruh yang yang ditimbulkan cacingan pada ibu hamil. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

Berpotensi Mengalami Keguguran dan Kematian Bayi 

Keguguran dan kematian bayi merupakan salah satu bahaya yang ditimbulkan dari penyebab cacingan pada ibu hamil. Mengingat, cacing adalah parasit yang dapat mengambil nutrisi makanan yang masuk kedalam tubuh. 

Membiarkan hal tersebut terjadi secara terus-menerus tentunya menimbulkan beberapa akibat, seperti keguguran, kelahiran prematur, bahkan kematian bayi. 

Bayi Lahir BBLR 

Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR) merupakan akibat selanjutnya yang ditimbulkan dari penyebab cacingan pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan ibu hamil mengalami kurang gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. 

Selain itu, cacingan pada ibu hamil juga berpotensi menular kepada anaknya sejak lahir. Alasannya karena bayi telah terinfeksi cacing sejak dalam kandungan. 

Gangguan Tumbuh Kembang Bayi 

Tumbuh kembang bayi yang terganggu adalah akibat lain yang ditimbulkan dari penyebab cacingan pada ibu hamil. Kondisi ini dikarenakan adanya gangguan dalam otak dan sistem saraf bayi. Akibatnya, mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang terganggu. 

Meningkatkan Risiko Penyakit Menular pada Anak 

Selain gangguan tumbuh kembang anak, penyebab cacingan pada ibu hamil juga dapat mengakibatkan risiko penyakit menular pada anak. Hal ini dikarenakan anak sudah secara alami tertular cacingan sejak dalam kandungan. 

Menyebabkan Kerusakan Organ pada Ibu Hamil 

Penyebab cacingan pada ibu hamil dapat mengakibatkan kerusakan organ. Beberapa kerusakan ini terjadi, seperti pada saluran pembuangan, pencernaan, pembuluh darah, jantung, dan paru-paru. 

Kerusakan organ ini dapat memberikan dampak serius pada tubuh ibu hamil, misalnya menyebabkan komplikasi penyakit. 

Itulah beberapa akibat yang ditimbulkan dari penyebab cacingan pada ibu hamil yang harus Moms ketahui. 

Vitummy: Bunuh Penyebab Cacingan pada Ibu Hamil 

Penyebab Cacingan pada Ibu Hamil

Penyebab cacingan pada ibu hamil adalah adanya infeksi cacing dan berbagai hal lain, baik kebiasaan buruk maupun lingkungan tempat tinggal. Mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi Vitummy. 

Vitummy dibuat dari madu herbal dengan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. Ekstrak bawang putih inilah yang bermanfaat untuk mengatasi cacingan. 

Peran Vitummy dalam mengatasi cacingan adalah dapat membunuh cacing ataupun telurnya hingga sudah dalam keadaan bentuk feses. Oleh karena itu, Vitummy sangat direkomendasikan sebagai solusi untuk mengatasi penyebab cacingan pada ibu hamil. 

Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar