logo madu vitummy
Search
Close this search box.

3+ Mitos dan Fakta Unik Pohon Dewandaru

pohon dewandaru

Mom, pernah dengar tidak tentang pohon Dewandaru? Pohon Dewandaru atau yang memiliki nama latin Eugenia uniflora L. ini merupakan tumbuhan perdu atau semak besar yang dapat hidup menahun dengan tinggi mencapai 5 meter.

Pohon ini berasal dari daerah pantai timur Amerika Selatan, seperti daerah Suriname, Brasil bagian selatan, Argentina, dan Uruguay. Di Indonesia, pohon Dewandaru tumbuh dan popular di sekitar pulau Karimunjawa.

Berbicara tentang pohon Dewandaru, pohon ini termasuk ke dalam kategori tumbuhan langka yang sulit berkembang biak. Kendati demikian, jumlah pohon ini terus menurun akibat eksploitasi yang tidak terkontrol. Padahal, menurut beberapa penelitian, pohon Dewandaru dan buahnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Untungnya, beberapa mitos yang dipercayai oleh masyarakat mampu menghambat terjadinya eksploitasi dalam jumlah besar. Di mana, mitos mengatakan bahwa siapa pun yang merusak pohon Dewandaru akan mendapatkan musibah.

Nah, untuk lebih lanjut mengetahui apa saja sih mitos dan fakta dari pohon Dewandaru? Yuk simak dalam uraian berikut ini.

Baca juga: 5+ Berbagai Manfaat Daun Tanaman Anting-anting

Mitos Pohon Dewandaru

manfaat pohon dewandaru

Pohon pembawa wahyu Dewa

Kata “Dewandaru” berasal dari bahasa Jawa kuno atau Sanskerta yang memiliki makna sebagai “pembawa pesan dari para-Dewa”. Pohon ini kerap dikaitkan dengan lakon pewayangan yaitu Wahyu Dewandaru.

Konon katanya, Dewandaru merupakan seseorang yang dipilih Tuhan sebagai pembawa kebenaran (wahyu) sehingga pihak Kurawa dan Pandawa Lima memperebutkannya. Siapa pun yang memiliki Dewandaru akan menguasai dunia. Namun ternyata, tak ada satu pun yang berhasil memilikinya sebab Dewandaru berubah menjadi sebuah pohon.

Menjadi perantara kekayaan

Katanya, siapa pun yang semadi di bawah pohon Dewandaru selama tiga hari dan tidak sengaja kejatuhan salah satu bagian dari pohon Dewandaru, entah itu ranting atau daunnya, akan mendapatkan kekayaan. Maka tak heran jika bahagia orang yang percaya akan menjadikan bagian dari pohon Dewandaru sebagai jimat keberkahan.

Pohon penjaga Karimunjawa

Masyarakat di daerah Karimunjawa percaya bahwa pohon Dewandaru ditanam oleh Sunan Nyamplungan, putra dari Sunan Muria, untuk menjaga agar Karimunjawa tetap asri dan terjaga dari gangguan-gangguan yang dapat merusak Karimunjawa.

Selain itu, mitos juga mengatakan bahwa siapa pun yang merusak pohon Dewandaru akan terkena musibah. Hal tersebut tentu saja dapat membantu melindungi keberadaan pohon Dewandaru yang mulai langka.

Nah, terlepas dari mitos-mitos magis pohon Dewandaru, ternyata fakta dari pohon ini tak kalah unik dan menarik lho.

Faktanya, pohon Dewandaru memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yang telah teruji secara klinis. Selain itu, buah Dewandaru juga mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh seperti air, protein, karbohidrat, dan vitamin esensial.

Mengutip dari buku JR Hutapea kandungan kulit kayu Dewandaru mengandung tanin serta daunnya mengandung banyak minyak atsiri, saponin, flavonoid.

Untuk lebih jelas lagi, yuk kita simak fakta pohon Dewandaru yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Fakta Pohon Dewandaru

pohon dewandaru

Kaya antioksidan

Menurut penelitian, buah Dewandaru mengandung flavonoid yang merupakan bagian dari antioksidan dalam tumbuhan yang dapat mencegah radikal bebas. Antioksidan ini bekerja menetralisasi sifat perusak radikal bebas yang disebabkan oleh beragam faktor seperti polusi dan radiasi yang dapat memicu penyakit seperti radang sendi, penuaan dini, hingga kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah Dewandaru mengandung vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menyehatkan pencernaan

Buah Dewandaru berfungsi sebagai astringen yang bekerja dengan cara mengecilkan pori sehingga dapat membantu menghambat sekresi cairan dan elektrolit. Oleh sebab itu, buah Dewandaru bisa digunakan sebagai pengobatan untuk diare dan penyakit gastrointestinal lainnya.

Nah selain itu, sifat antiseptik dari buah ini juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan apabila dikonsumsi secara teratur.

Sebagai antimikroba dan meningkatkan kesehatan paru-paru

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dewandaru juga memiliki kemampuan antimikroba. Sobeh et al dalam bukunya telah melakukan penelitian tentang kemampuan antimikroba ekstrak minyak esensial dewandaru. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya daya hambat terhadap pertumbuhan bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus, S. epidermidis, Bacillus licheniformis, B. subtilis, Enterococcus faecalis, dan bakteri gram negatif seperti Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Pseudomonas aeruginosa, serta fungi Candida parapsilosis dan C. albicans.

Buah Dewandaru juga dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru dan mengobati penyakit paru obstruktif kronis. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah Dewandaru secara teratur dapat membantu memelihara fungsi paru-paru dan mencegah paru-paru tertular dari penyakit atau infeksi tertentu.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Daun dan buah Dewandaru memiliki sifat antihipertensi yang dapat mengurangi efek tekanan darah tinggi dan menjaga aliran darah agar tetap normal dan mengalir cukup ke ginjal. Berdasarkan penelitian Ferro dkk, hasil decocta daun dewandaru (Eugenia uniflora L.) di Paraguay digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu juga dapat digunakan sebagai efek proteksi pada triglisrida dan level lipoprotein yang sangat rendah dan dapat menurunkan metabolisme lipid.

Membantu menurunkan berat badan

Buah Dewandaru mengandung senyawa penting yang dapat membantu mengurangi penumpukan lemak berlebih di tubuh.

Meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak, kandungan kalori rendah dalam buah ini tidak akan menambah berat badan.

Mengobati nyeri dan demam

Berdaarkan penelitian, ekstrak etanol daun dewandaru memiliki aktivitas analgesik dalam mengurangi rasa nyeri.

Meningkatkan kesehatan kulit

Ektrak daun Dewandaru mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu tanda penuaan dini pada kulit seperti kerutan halus dan kulit kusam.

buah pohon dewandaru

Nah mom, itulah sederet mitos dan fakta dari pohon pohon Dewandaru. Meskipun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, namun alangkah baiknya mom berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin menggunakan buah Dewandaru sebagai pengobatan herbal.

Untuk membantu mom memelihara kesehatan keluarga, khususnya si kecil, Vitummy hadir sebagai madu herbal pelindung anak yang terbuat dari bahan jamu pilihan terbaik untuk meningkatkan nafsu makan dan mengatasi cacingan.

Yuk, miliki Vitummy sebagai pelengkap perlindungan kesehatan keluarga.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?