logo madu vitummy
Search
Close this search box.

15 Keuntungan Melaksanakan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

tarawih

Mommies, seperti yang kita yakini bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan penuh ampunan bagi setiap muslim yang ada di dunia.

Ngomong-ngomong tentang bulan suci Ramadhan nih, mommies pasti tahukan shalat malam yang dianjurkan untuk dilaksanakan sebagai pelengkap ibadah puasa? Iya, shalat tarawih atau taraweh.

Bulan suci Ramadhan memang sangat identik dengan shalat tarawih, di mana setiap umat muslim biasanya akan pergi ke masjid terdekat untuk menunaikan ibadah shalat tarawih secara berjamaah setelah melaksanakan buka puasa dan shalat magrib.

Sayangnya, tak selamanya masjid ramai dipenuhi oleh jamaah yang akan melaksanakan shalat tarawih. Sebab, biasanya masjid hanya ramai pada awal atau menjelang akhir Ramadhan saja.

Padahal, shalat tarawih ini memiliki keistimewaan atau keutamaan yang berbeda-beda setiap malamnya, sehingga sangat dianjurkan untuk dikerjakan penuh selama bulan Ramadhan, kecuali bagi wanita haid atau nifas.

Lantas, apa saja keutamaan shalat tarawih? Yuk kita simak bersama!

Baca Juga: Kapan Waktu Belajar Puasa yang Tepat bagi Anak?

Apa Itu Sholat Tarawih?

Tarawih

Tarawih atau taraweh merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap malam pada bulan suci Ramadhan, atau disebut Qiyamu Ramadhan.

Kata tarawih berasal dari bahasa Arab dengan bentuk jamak penulisan dari تَرْوِيْحَةٌ, yang artinya ‘waktu sesaat untuk istirahat’.

Hukum dari shalat taraweh adalah sunnah muakkad, atau sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Ada banyak hadits yang menganjurkan shalat taraweh bagi semua umat muslim di dunia, di antaranya adalah:

Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu Rasulullah SAW gemar menghidupkan bulan Ramadhan dengan anjuran yang tidak keras.

Beliau berkata: “Barangsiapa yang melakukan ibadah (shalat taraweh) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya diampuni dosa-dosanya yang telah lewat”. (HR Muslim).

Keutamaan Shalat Tarawih dari Hari ke 1-30

vitummy | 15 Keuntungan Melaksanakan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Moms, shalat taraweh merupakan ibadah sunnah yang hanya bisa dikerjakan di bulan Ramadhan.

Shalat ini dilaksanakan setelah shalat isya dan berakhir sampai terbit fajar. Ibadah ini pun hukumnya sunnah muakkad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Selain itu, shalat ini memiliki keutamaan yang sangat besar sehingga sayang untuk dilewatkan. Seperti yang dijelaskan dalam hadits tentang keutamaan shalat taraweh.

Hadits pertama, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Kemudian pada hadits kedua:

“Siapa saja yang ikut shalat taraweh berjamaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk.” (HR. Abu Dawud dan Turmudzi).

Nah, berikut ini adalah keutamaan shalat taraweh dari malam ke 1 hingga malam ke 30 yang dilansir dari laman Dalam Islam:

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 1

يَخْرُجُ الْمُؤْمِنُ مِنْ ذَنْبِهِ فِى اَوَّلِ لَيْلَةٍ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ

Artinya: “Pada malam pertama, dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) akan keluar seperti ketika ibunya melahirkan ia ke dunia”.

Jadi, keutamaan melaksanakan shalat taraweh pada malam pertama adalah dihapuskan segala dosanya sehingga ia kembali suci seperti ketika baru dilahirkan oleh ibunya.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 2

وَفِى اللَّيْلَةِ الثَّانِيَةِ يُغْفَرُ لَهُ وَلِأَبَوَيْهِ اِنْ كَانَا مُؤْمِنَيْنِ

Artinya: “Pada malam kedua, orang yang shalat taraweh akan diampuni dosanya serta dosa kedua orang tuanya jika keduanya mukmin”.

Jadi, keutamaan melaksanakan shalat taraweh pada malam kedua adalah diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya apabila keduanya sama-sama orang mukmin.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 3

وَفِى اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ يُنَادِيْ مَلَكٌ مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ اِسْتَأْنِفِ الْعَمَلَ غَفَرَ اللهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ

Artinya: “Pada malam ketiga, malaikat di bawah Arasy berseru: mulailah melakukan amal kebaikan, maka Allah akan mengampuni dosamu yang telah lalu”.

Jadi, keutamaan melaksanakan shalat taraweh pada hari ketiga adalah mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 4

vitummy | 15 Keuntungan Melaksanakan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

وَفِى اللَّيْلَةِ الرَّابِعَةِ لَهُ مِنَ الْاَجْرِ مِثْلُ قِرَاءَةِ التَّوْرَاتِ وَالْاِنْجِيْلِ وَالزَّبُوْرِ وَالْفُرْقَانِ

Artinya: “Pada malam keempat 1, dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala seseorang yang membaca kitab Taurat, Injil, Zabur dan al-Qur’an”.

Jadi, keutamaan shalat taraweh pada malam keempat adalah mendapatkan pahala seperti membaca Al-quran.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 5

وَفِى اللَّيْلَةِ الْخَامِسَةِ اَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى مِثْلَ مَنْ صَلَّى فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَ الْمَسْجِدِ الْمَدِيْنَةِ وَالْمَسْجِدِ الْاَقْصَى

Artinya: “Pada malam kelima, Allah memberikan pahala seperti pahala seseorang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah dan Masjidil Aqsha”.

Dari dalil tersebut diketahui, bahwa siapapun yang melaksanakan shalat taraweh pada malam ke 5, akan mendapatkan pahala seperti pahala bagi seseorang yang shalat di Masjidil Haram.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 6

وَفِى اللَّيْلَةِ السَّادِسَةِ اَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى ثَوَابَ مَنْ طَافَ بِالْبَيْتِ الْمَعْمُوْرِ وَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ حَجَرٍ وَمَدْرٍ

Artinya: “Pada malam keenam, Allah memberikan pahala seperti pahala malaikat yang tawaf di Baitul Makmur dan setiap batu dan tanah pun memintakan ampunan untuknya”.

Jadi, siapapun yang melaksanakan shalat taraweh pada malam ke 6, maka akan mendapatkan pahala sebagaimana pahalanya orang yang thawaf di Baitul Makmur.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 7

وَفِى اللَّيْلَةِ السَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا اَدْرَكَ مُوْسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ وَنَصَرَهُ عَلَى فِرْعَوْنَ وَهَامَانَ

Artinya: “Pada malam ketujuh, seakan-akan menemui zaman Nabi Musa AS dan menolongnya dari serangan Fir’aun dan Haman”.

Jadi, siapapun yang menunaikan shalat taraweh pada malam ketujuh akan mendapatkan fadhilah atau keutamaan berupa ditolong dari serangan jahat.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 8

وَفِى اللَّيْلَةِ الثَّامِنَةِ اَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى مَا اَعْطَى اِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ

Artinya: “Pada malam kedelapan, Allah memberi anugerah sebagaimana anugerah yang telah diberikan kepada Nabi Ibrahim”.

Allah SWT akan memberikan apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim AS pada seseorang yang menunaikan shalat taraweh pada malam kedelapan.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 9

وَفِى اللَّيْلَةِ التَّاسِعَةِ فَكَأَنَّمَا عَبَدَ اللهَ تَعَالَى عِبَادَةَ النَّبِىِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ

Artinya: “Pada malam kesembilan, seakan-akan beribadah kepada Allah sebagaimana ibadahnya para Nabi”.

Jadi, pada malam kesembilan, Allah SWT akan memberikan pahala yang amat besar kepada umat muslim yang menunaikan ibadah sholat taraweh dengan ikhlas dan tulus.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 10

وَفِى اللَّيْلَةِ الْعَاشِرَةِ يَرْزُقُهُ اللهُ تَعَالَى خَيْرَىِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Artinya: “Pada malam yang kesepuluh, Allah akan memberikan kebaikan yang lebih baik di dunia maupun di akhirat”.

Dilansir dari laman suaramerdeka.com, Allah memberikan rezeki yang lebih bagus bagi setiap muslim yang menunaikan ibadah sholat taraweh pada malam kesepuluh, baik rezeki ketika ia hidup di dunia maupun ketika di akhirat.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 11

وَفِى اللَّيْلَةِ الْحَادِيَةَ عَشَرَةَ يَخْرُجُ مِنَ الدُّنْيَا كَيَوْمٍ وُلِدَ مِنْ بَطْنِ اُمِّهِ

Artinya: “Pada malam kesebelas, kelak ia akan meninggal dunia seperti keadaan dimana ia baru dilahirkan dari perut ibunya”.

Jadi, bagi seorang muslim yang menunaikan shalat taraweh pada malam kesebelas, maka akan mendapatkan fadhilah berupa ketika ia meninggal dunia maka akan dalam keadaan seperti baru dilahirkan (tanpa dosa).

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 12

وَفِى اللَّيْلَةِ الثَّانِيَةَ عَشَرَةَ جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَوَجْهُهُ كَالْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ

Artinya: “Pada malam kedua belas, pada saat hari kiamat wajahnya bersinar bagaikan bulan di malam purnama”.

Jadi, jika seorang muslim atau mukmin menunaikan shalat taraweh pada malam ke 12 maka akan mendapatkan pahala yakni kelak ketika hari kiamat, wajahnya akan bersinar seperti bulan purnama.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 13

وَفِى اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةَ عَشَرَةَ جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ آمْنًا مِنْ كُلِّ سُوْءٍ

Artinya: “Pada malam ketiga belas, pada saat hari kiamat ia akan selamat dari segala macam keburukan”.

Jadi, siapapun umat muslim atau mukmin yang menunaikan shalat taraweh malam ke 13 akan mendapatkan pahala berupa diselamatkan dari keburukan pada hari kiamat kelak.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 14

وَفِى اللَّيْلَةِ الرَّابِعَةَ عَشَرَةَ جَاءَتِ الْمَلَائِكَةُ يَشْهَدُوْنَ لَهُ اَنَّهُ قَدْ صَلَّى التَّرَاوِيْحَ فَلَا يُحَاسِبُهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Pada malam keempat belas, malaikat menjadi saksi bahwa ia melakukan shalat tarawih. Maka Allah tidak akan menghisabnya kelak di hari kiamat”.

Jadi, keutamaan dari shalat taraweh pada malam ke 14 adalah, siapapun orang mukmin atau muslim yang menunaikan shalat pada malam tersebut akan mendapatkan pahala berupa tidak akan dihisab pada hari kiamat kelak.

Keutamaan Shalat Taraweh Malam ke 15

وَفِى اللَّيْلَةِ الْخَامِسَةَ عَشَرَةَ تُصَلِّى عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ وَحَمَلَةُ الْعَرْشِ وَالْكُرْسِىِّ

Artinya: “Pada malam kelima belas, para malaikat, malaikat penyangga Arsy dan para malaikat penjaga kursi kerajaan langit akan memintakan ampunan untuknya”.

Jadi, siapapun orang mukmin atau muslim yang menunaikan shalat taraweh pada malam ke 15 akan mendapatkan pahala lewat malaikat yang akan memintakan ampunan untuknya.

Dan masih banyak lagi tentunya keutamaan sholat tarawih hingga akhir bulan ramadhan, jadi jangan malas yaa untuk menjalankan sholat tarawih pada bulan ramadhan…

Itulah informasi tentang shalat taraweh, salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Pertanyaan Seputar Sholat Tarawih

  1. Sholat Tarawih Berapa Rakaat?

    Bukhari no. 998 dan Muslim no. 751). Dalam pelaksanaan salat tarawih umumnya melaksanakan salat witir 3 rakaat. Dengan jumlah 8 rakaat mengerjakan tarawih dan 3 rakaat witir sehingga 11 rakaat.

  2. Bagaimana Hukum Sholat Tarawih?

    Bukhari no. 998 dan Muslim no. 751). Dalam pelaksanaan salat tarawih umumnya melaksanakan salat witir 3 rakaat.

    Dengan jumlah 8 rakaat mengerjakan tarawih dan 3 rakaat witir sehingga 11 rakaat.

    Ada ketentuan jumlah rakaat sholat tarawih yang perlu dipahami. Ada yang sholat tarawih 20 rakaat, sementara yang lain sholat tarawih 8 rakaat.

  3. Bagaimana Tata Cara Sholat Tarawih?

    Umumnya sholat tarawih dikerjakan dengan cara melakukan 2 rakaat sholat kemudian diakhiri salam atau takbiratul ikhram.

    1. Melafalkan niat sholat tarawih
    2. Melafalkan niat sholat tarawih.
    3. Takbiratul ihram.
    4. Membaca Surat Al-Fatihah.
    5. Membaca beberpa Surat Al Qur’an.
    6. Rukuk.
    7. I’tidal.
    8. Sujud.
    9. Duduk di antara dua sujud.
    10. Sujud kedua
    11. Bangkit dari duduk lalu mengulangi mengerjakan rakaat kedua dengan melakukan urutan tata cara sholat yang sama seperti rakaat pertama.
    12. Kemudian mengakhirnya dengan duduk tasyahud akhir dan salam pada saat sujud terakhirnya.

  4. Tarawih Secara Bahasa Artinya?

    Berasal dari bahasa Arab dengan bentuk jamak penulisan dari تَرْوِيْحَةٌ . Tarawih artinya “waktu sesaat untuk istirahat”.

    Termasuk salat sunnah yang ditunaikan secara khusus pada bulan Ramadan. Terdapat perbedaan pendapat mengenai jumlah rakaat yang harus dilakukan untuk salat Tarawih.

Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang pola asuh atau kesehatan anak selama bulan Ramadhan, selalu kunjungi laman blog kami pada website maduvitummy.id.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?