Khasiat Tepung Pati Garut yang Ramah di Perut

Pernahkah mom mendengar tepung pati garut atau bahkan pernah menggunakannya sebagai bahan makanan? Tepung pati garut merupakan tepung dari hasil endapan murni air sari umbi garut (Maranta arundinacea) yang telah dikeringkan. Tepung ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk pengental makanan, bubur, candil, dawet, aneka kue kering, dan bubur pati garut.

Berbeda dari kebanyakan tepung pada umumnya, tepung pati ini tidak mengandung gluten (protein yang terkandung dalam biji-bijian) namun tetap mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B1, zat folat, niasin, thiamin, riboflavin, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Kelebihan tepung pati garut daripada tepung terigu dan tepung beras, tepung pati garut mengandung zat besi yang lebih tinggi dan memiliki kadar lemak yang rendah sehingga ideal untuk membantu menurunkan berat badan dan memulihkan tubuh setelah sakit.

Untuk menambah pengetahuan mom, berikut adalah manfaat tepung pati garut bagi kesehatan.

Baca juga : Fakta Daun Babandotan sebagai Obat Tradisional

1. Manfaat Tepung Pati Garut bagi Kesehatan

vitummy | Khasiat Tepung Pati Garut yang Ramah di Perut

1.1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Faktanya, tepung pati garut telah digunakan selama lebih dari satu abad sebagai obat alami untuk mengatasi pencernaan. Tepung ini membantu mengeraskan feses dan juga memenuhi cairan tubuh.

Kandungan pati dalam tepung pati ini dapat membantu meningkatkan konsistensi dan ukuran feses yang dapat mengurangi frekuensi buang air besar sehingga efektif untuk digunakan sebagai pengobatan alami untuk diare.

Selain itu, kandungan serat dan mangan yang tinggi dalam tepung pati garut ini dapat memperbaiki kesehatan sistem pencernaan serta dapat mencegah kanker, terutama kanker usus besar.

1.2. Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) memang umum terjadi pada wanita, namun tak dipungkiri, infeksi ini juga dapat menyerang siapapun, termasuk si kecil. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, mom harus mengenali gejala ISK sejak dini agar si kecil segera mendapatkan penanganan.

Gejala ISK pada si kecil biasanya ditandai dengan cenderung tidak bisa menahan buang air kecil atau sering kencing namun tidak tuntas, mual, muntah demam, urine terlihat keruh, nyeri pada perut bagian bawah, dan kesakitan ketika buang air kecil.

Salah satu penyebab ISK pada anak disebabkan oleh bakteri Eschericia coli yang masuk lewat uretra menuju saluran kemih dan menginfeksi kandung kemih (sistitis), atau bahkan menginfeksi ginjal (pielonefritis). Jika dibiarkan tanpa penanganan, infeksi ini dapat menyebabkan gagal ginjal pada anak.

Nah, guna mencgah dan mengobati infeksi tersebut, tepung pati garut sangat efektif untuk digunakan sebagai pengobatan rumahan. Tepung pati garut bersifat menenangkan sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada selaput lendir yang sedang meradang atau mengalami iritasi. Selain itu, sifat antiseptik dari tepung pati garut dapat membantu mengobati dan mencegah kambuhnya Infeksi Kandung Kemih.

Di samping itu semua, untuk mencegah Infeksi Saluran Kemih mom juga harus menerapkan toilet training sejak dini, membersihkan area genital dengan air bersih, baik itu setelah buang air kecil atau buang air besar, minum air mineral yang cukup, hindari memberi si kecil minuman bersoda yang dapat mengiritasi kandung kemih, mengganti popok bayi atau batita, dan tetap menjaga kebersihan sehingga terhindar dari bakteri penyebab ISK.

1.3. Bantu Atasi Maag

Menurut penelitian, tepung pati garut mengandung serat pangan tinggi yang dapat meredakan nyeri lambung, menetralkan asam lambung berlebih, dan mempercepat penyembuhan luka di lambung yang menjadi pemicu sakit maag.

1.4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan data U.S. Department of Agriculture, dalam 100gram tepung pati garut terkandung 0,470 mg mangan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kandungan mangan dalam tepung ini termasuk tinggi. Manfaat mangan yang tinggi dalam tepung ini dapat menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan oksidatif dalam tubuh.

1.5. Membantu Pemulihan Setelah Sakit

Orang sakit ataupun yang dalam masa pemulihan identik dengan bubur. Bubur memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh, terutama bagi penderita gangguan pencernaan. Selain makanan yang lembut, kandungan gizi dalam asupan makanan juga harus diperhatikan.

Nah, sebagai asupan dalam proses pemulihan, tepung pati garut memiliki tekstur yang lembut dan mengandung banyak gizi penting untuk tubuh sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi pasien dalam masa penyembuhan. Dalam 100gram tepung pati garut terdapat 357 kkal energi. Kandungan energi ini dapat membantu tubuh menghasilkan energi sehingga pasien dapat pulih dengan cepat.

1.6. Melancarkan Aliran Darah

Tepung pati garut merupakan salah satu sumber zat besi tinggi yang dapat membantu proses regenerasi sel darah merah dan membantu melancarkan aliran darah. Tak hanya itu, kandungan serat dan mangan yang tinggi dalam tepung pati garut mendukung kstaiblan gula darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

1.7. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit Kering

vitummy | Khasiat Tepung Pati Garut yang Ramah di Perut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya di atas, bahwa tepung pati garut mengandung mangan yang sangat tinggi. Kandungan mangan yang tinggi berperan penting dalam produksi kolagen dan elastin sehingga dapat menunjang dan meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, tepung pati yang halus dapat membantu melepas sel-sel kulit mati sehingga manfaat tepung pati ini dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit kering. Tepung pati ini juga dapat digunakan sebagai masker atau bedak untuk mehilangkan jerawat karena mengandung sifat antiiritan dan anti alergi.

1.8 Dapat Digunakan sebagai Alternatif Bubur Bayi

Jika mom biasa menyiapkan makanan si kecil yang hanya itu-itu saja, tepung pati garut dapat digunakan sebagai alternatif bubur bayi. Kaya akan gizi dan energi, serta teksturnya yang sangat halus, tepung pati ini dapat digunakan sebagai alternatif bubur bayi.

vitummy | Khasiat Tepung Pati Garut yang Ramah di Perut

Demikianlah manfaat tepung pati garut yang ramah di perut. Mom dapat mengolah tepung ini dengan berbagai cara, seperti dijadikan bubur, atau menjadi bahan campuran makanan lainnya.

Meskipun belum ada efek samping yang ditemukan dari penggunaan tepung ini, jika mom ingin menggunakan tepung ini sebagai pengobatan, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Untuk membantu mom melindungi keluarga, terutama si Kecil. Vitummy hadir sebagai madu pelindung anak yang mengandung ekstrak herbal pilihan untuk melindungi si kecil dari cacingan sekaligus vitamin penambah nafsu makan.

Yuk miliki Vitummy sebagai penjaga kesehatan keluarga.


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar