Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Setelah Lebaran

Moms, sudah move on belum dari momen lebaran Idul FItri kemarin? Moms pasti susah melupakan momen-momen berkesan saat lebaran, kan. 

Selain sebagai momen bermaaf-maafan, lebaran juga digunakan sebagai momen berkumpul bersama keluarga. 

Nah, pada momen ini Moms biasanya lupa untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga banyak gejala penyakit yang muncul setelah lebaran. 

Untuk menghindari hal itu, Mimin mau kasih tau tips mudah menjaga kesehatan setelah lebaran untuk Moms nih. 

Yuk simak pada artikel berikut ini!

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Lebaran

Tips Menjaga Kesehatan Setelah Lebaran

Kesehatan tubuh adalah hal penting yang perlu terus diperhatikan, maka dengan hal tersebut menjaga kesehatan pencernaan perlu di atur sehingga tubuh tetap bugar dan fit. Yuk simak nih ulasan tips menjaga kesehatan pencernaan pasca lebaran.

1. Rajin Berolahraga 

Mimin mau tanya nih, siapa yang berat badannya naik setelah lebaran? Banyak pastinya kan, Moms.

Hal ini dapat memicu pencernaan menjadi tidak sehat, olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh.

Lebaran biasanya menjadi momen “balas dendam” bagi banyak orang setelah puasa selama bulan Ramadan, misalnya dengan makan berlebihan. 

Pasalnya, momen lebaran adalah momen makan-makan khas lebaran yang banyak dan enak. 

Akibatnya banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran. 

Apakah Moms jadi salah satunya? 

Moms, berat badan yang naik secara signifikan setelah lebaran sangat perlu diperhatikan loh. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari diri dari potensi berat badan berlebih.

Berat badan berlebih (overweight) adalah keadaan dimana berat badan seseorang melebihi normal tapi belum sampai kategori obesitas (kelebihan berat badan).

Menjaga kesehatan pencernaan setelah lebaran dari berat badan berlebih bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik, misalnya olahraga. 

Olahraga termasuk dalam aktivitas fisik atau latihan fisik yang dapat mengurangi berat badan berlebih. 

Kenapa bisa demikian sih, Moms? 

Jawabannya karena olahraga adalah seluruh aktivitas fisik yang dilakukan, baik dalam bentuk kompetitif maupun dalam bentuk santai. 

Fungsi olahraga bagi tubuh, yaitu sangat efektif menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan aktivitas olahraga dapat membakar kalori dalam tubuh, menstimulasi pertumbuhan otot, dan meningkatnya proses metabolisme. 

Adapun aktivitas olahraga yang bisa menurunkan berat badan, di antaranya jalan kaki, lari, bersepeda, angkat beban, yoga, dan High Intensity Interval Training (HIIT). 

Moms bisa melakukan beberapa aktivitas olahraga tersebut sebagai tips menjaga kesehatan setelah lebaran. 

2. Mengatur Pola Makan Sehat dan Bergizi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

cara menjaga kesehatan pencernaan usai lebaran

Menjaga kesehatan tubuh setelah lebaran usai bisa juga dengan mengatur pola makan sehat dan bergizi menjadi hal wajib yang perlu dilakukan.

Kenapa harus gitu, Moms? Sini, Mimin kasih tau alasannya. 

Momen lebaran biasanya dijadikan sebagai momen untuk menikmati makanan khas lebaran. Artinya Moms makan makanan yang biasanya hanya disajikan saat lebaran. 

Saat menikmati makanan khas lebaran, Moms pasti tidak memikirkan pola makan sehat dan bergizi. 

Mom’s Perlu Baca: 5+ Dampak Anak Mengalami Kekurangan Vitamin, Ketahui!

Bahkan ada beberapa orang yang makan semua makanan khas lebaran yang disajikan. 

Padahal seperti kita tau, makanan khas lebaran biasanya kurang dipertimbangkan nilai kesehatan dan gizinya. Misalnya, berbagai jenis makanan yang penuh dengan lemak, santan, dan pedas. 

Jenis makanan tersebut kurang cocok untuk dikonsumsi oleh beberapa orang, di antaranya penderita asam lambung dan kolesterol. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi setelah lebaran maka Moms perlu banget mengatur pola makan sehat dan bergizi. 

Menurut Kemenkes RI, mengatur pola makan sehat dan bergizi bisa dilakukan dengan mengonsumsi aneka ragam pangan, cara pengolahan pangan, dan jadwal yang tepat. 

Melakukan hal tersebut termasuk usaha menjaga kesehatan setelah lebaran. 

3. Memperbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur 

mengonsumsi sayuran adalah cara menjaga kesehatan pencernaan

Mimin biasanya punya menu andalan khas lebaran yang wajib ada saat lebaran, misalnya rendang dan opor ayam. 

Kalau Moms apa nih? Pastinya banyak kan, Moms.  

Menu andalan lebaran biasanya didominasi dengan menu daging, seperti daging sapi, kambing, dan ayam. 

Dilansir dari laman Halodoc, kondisi ini menjadikan tubuh kekurangan serat saat lebaran. Kurang serat dalam tubuh berpotensi mengakibatkan sembelit. 

Oleh karena itu, memperbanyak konsumsi buah dan sayur setelah lebaran membantu menjaga kesehatan tubuh dan pencernaan.

Dengan begitu, tubuh akan mendapat asupan serat yang dapat mencegah terjadinya sembelit sehingga tubuh tetap sehat setelah lebaran. 

Moms bila melakukan tips ini dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur setelah lebaran. 

4. Tidak Merokok 

Siap nih yang punya kebiasaan merokok? Mimin kasih tau nih, Moms, kalau kebiasaan merokok itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. 

Bagi para perokok, momen setelah lebaran justru menjadi waktu bebas untuk kembali merokok. Padahal, merokok dapat menjadi pemicu kondisi tubuh memburuk setelah lebaran. 

cara menjaga kesehatan pencernaan dengan baik

Berbagai penyakit bahkan rentan muncul setelah lebaran. Dilansir dari laman Siloam Hospitals, penyakit yang rentan terjadi setelah lebaran, di antaranya diare, radang tenggorokan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. 

Merokok dapat memicu kondisi tubuh yang memburuk setelah lebaran, terutama bagi para penderita penyakit tersebut. 

Oleh karena itu, tidak merokok merupakan tips menjaga kesehatan tubuh setelah lebaran. 

5. Memperbaiki Pola Tidur 

Selama bulan Ramadan, pola tidur setiap orang yang berpuasa pasti berubah. Bukankah begitu, Moms? 

Hal ini dikarenakan pola tidur orang berpuasa mengikuti pola aktivitas ibadah. Nah, seseorang biasanya menambah intensitas ibadah saat puasa sehingga tidur pun berkurang. 

Kurang tidur mengakibatkan seseorang sering merasa pusing dan mudah lelah ketika beraktivitas. 

Oleh karena itu, memperbaiki pola tidur merupakan tips menjaga kesehatan tubuh dan pencernaan setelah lebaran usai. Hal ini bisa Moms lakukan dengan menambah jam tidur pada malam hari dan tidur berkualitas pada malam hari. 

Dengan begitu, kesehatan tubuh setelah lebaran dapat terjaga. 

6. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Apakah Moms tipe orang yang melakukan pemeriksaan kesehatan setelah sakit? Itu kurang tepat loh, Moms. 

Melakukan pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan secara berkala sebagai bentuk menjaga kesehatan tubuh. 

Terlebih setelah lebaran nih, Moms. Melakukan pemeriksaan kesehatan sebaiknya harus dilakukan. Hal ini untuk mencegah kambuhnya penyakit dalam tubuh. 

Moms kan tau kalau momen lebaran dipenuhi dengan makan makanan khas lebaran. Biasanya makanan khas lebaran itu mengandung kolesterol dan asam yang tinggi. 

Dilansir dari laman Rumah Sakit Paru RESPIRA, makanan mengandung kolesterol dan asam yang tinggi kurang cocok untuk penderita kolesterol dan asam lambung. 

Melakukan pemeriksaan kesehatan juga menjadi tips untuk menjaga kesehatan setelah lebaran loh, Moms. Utamanya bagi para penderita kolesterol dan asam lambung. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bagi bukan penderita penyakit tersebut. 

Nah, mumpung masih momen setelah lebaran, nggak ada salahnya Mommy melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Hal ini bisa menjadi usaha Mommy dalam menjaga kesehatan keluarga setelah lebaran. 

7. Mengonsumsi Madu Vitummy Sebagai Asupan Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

madu vitummy multivitamin lengkap untuk anak kekurangan vitamin

Selain melakukan tips sebelumnya, Moms juga bisa loh mengonsumsi Madu Vitummy untuk menjaga kesehatan tubuh setelah lebaran. 

Moms tau nggak apa alasannya? Mimin akan kasih tau nih. 

Madu Vitummy adalah madu herbal yang mengandung ekstrak bahan alami untuk melancarkan pencernaan, mengatasi masalah sembelit, dan menjaga daya tahan tubuh. 

yang merupakan asupan vitamin untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, memiliki kandungan bahan yang berkhasiat tinggi dalam melindungi pencernaan dari berbagai virus.

Beberapa manfaat tersebut didapat dari bahan madu, ekstrak buah pepaya, ekstrak bawang putih, ekstrak rimpang temulawak, dan ekstrak rimpang temu hitam. 

Dengan mengonsumsi Madu Vitummy secara teratur membantu menjaga kesehatan tubuh setelah lebaran. 

Yuk, Moms, mulai minum Madu Vitummy dua kali sehari secara rutin dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh! 


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar