logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Vitamin untuk Badan Lemas, Asupan Terpenuhi Stamina Kembali!

vitamin untuk badan lemas

Kekurangan vitamin dalam tubuh bisa menyebabkan badan lemas loh, Moms. Pasalnya, vitamin punya peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh (imun). Fungsi imun dalam tubuh salah satunya untuk mencegah badan dari lemas atau tidak bertenaga. 

Memenuhi kebutuhan vitamin tentunya akan membantu tubuh lebih bertenaga, bahkan terhindar dari lemas. Tapi, tahukah Moms apa saja vitamin untuk badan lemas? 

Artikel ini akan membahas mengenai alasan vitamin memengaruhi daya tahan tubuh, jenis vitamin untuk badan lemas, serta mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Moms! 

Bagaimana Vitamin Dapat Memengaruhi Daya Tahan Tubuh? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Moms harus tahu hubungan antara vitamin dengan sistem daya tahan tubuh (imun) terlebih dahulu, loh. Melansir laman Healthline, sistem imun setiap orang merupakan kumpulan sel, proses, dan bahan kimia yang kompleks. 

Berbagai komponen tersebut nantinya berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari serangan patogen penyebab penyakit. Sebab, ada beberapa jenis patogen yang apabila masuk ke dalam tubuh akan memicu seseorang mengalami sakit ya, Moms. 

Nah, perlu diketahui bahwa patogen penyebab penyakit antara lain adalah virus, racun, dan bakteri. Agar tubuh terhindar dari berbagai patogen tersebut maka diperlukan sistem kekebalan tubuh (imun) yang kuat. 

Alasannya, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat adalah kunci untuk mencegah infeksi dan penyakit. Laman Healthline dalam artikelnya menyebutkan bahwa suplementasi vitamin, mineral, dan herbal dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pernyataan tersebut membuktikan bahwa vitamin sangat berperan untuk imun tubuh. Oleh karenanya, vitamin dapat memengaruhi daya tahan tubuh ya, Moms

Jenis Vitamin untuk Badan Lemas

vitamin untuk badan lemas

Moms, badan lemas atau tidak bertenaga biasanya disebabkan imun tubuh yang lemah, loh. Setelah tahu hubungan antara vitamin dengan daya tahan tubuh, kondisi badan yang lemas tentunya bisa dikarenakan kekurangan asupan vitamin ya, Moms. 

Pasalnya, asupan vitamin yang tercukupi akan mencegah tubuh mengalami rasa lemas. Tapi, apa saja jenis vitamin untuk badan lemas? 

Ada beberapa jenis vitamin yang apabila dikonsumsi akan membantu meningkatkan imun tubuh. Hasilnya membuat tubuh lebih bertenaga dan terhindar dari rasa lemas. Berikut beberapa vitamin yang bisa Moms berikan, baik pada diri sendiri maupun si Kecil. 

Vitamin C 

Vitamin C adalah jenis vitamin yang sangat populer untuk membantu mengatasi lemas atau tidak bertenaga. Sebab, manfaatnya dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi ya, Moms. Kondisi ini menjadikan vitamin C sangat berperan untuk meningkatkan imun tubuh. 

Melansir laman Healthline, dosis harian vitamin C, yaitu 250 dan 1.000 mg, sedangkan batas atasnya adalah 2.000 mg. Memenuhi kebutuhan harian akan vitamin ini sesuai yang direkomendasikan akan mendukung daya tahan tubuh yang baik. 

Moms, beberapa jenis makanan yang tinggi vitamin C antara lain jeruk, mangga, stroberi, nanas, tomat, jambu, kiwi, dan pepaya. Memberikan makanan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C ya, Moms. 

Vitamin D

Vitamin D termasuk jenis vitamin yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alasannya, vitamin ini termasuk jenis nutrisi yang larut dalam lemak, sehingga sangat penting untuk kesehatan dan imun tubuh. 

Sebagai pendukung imun tubuh, vitamin D dapat membantu meningkatkan efektivitas dalam melawan patogen penyebab penyakit. Hal ini dilakukan melalui monosit dan makrofag, yaitu sel darah putih yang merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh. 

Selain itu, juga untuk membantu mengurangi peradangan, sehingga mampu membantu meningkatkan respon imun tubuh. 

Nah, berbagai manfaat tersebut tentunya menjadikan vitamin D sangat diperlukan tubuh agar tidak lemas. 

Baca Juga: Snack Time Artinya Apa?

Vitamin B Kompleks 

Vitamin B kompleks, seperti B12 dan B6 sangat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan. Selain itu, juga untuk menguatkan respon imun terhadap serangan patogen penyebab penyakit. 

Meski punya peran yang sangat penting dalam tubuh, tapi banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin B kompleks loh, Moms. Melansir laman Healthline, tubuh yang kekurangan vitamin ini dapat memberikan efek negatif terhadap sistem imun. 

Oleh karenanya, Moms bisa memberikan makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging, ikan, unggas tertentu, dan produk untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin B komplek dalam tubuh. 

Vitamin A 

Vitamin A memainkan peran penting dalam tubuh, salah satunya untuk pertumbuhan. Pasalnya, tubuh sangat memerlukannya untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan epitel serta diferensiasi, pematangan, dan fungsi makrofag dan sel lain dari sistem kekebalan bawaan. 

Melansir laman National Institute of Health, vitamin A sering dikaitkan dengan peningkatan kerentanan terhadap infeksi, perubahan respon imun, dan gangguan kemampuan jaringan epitel yang berfungsi sebagai penghalang patogen penyebab penyakit.

Moms, beberapa jenis makanan yang tinggi vitamin A antara lain susu, telur, ikan, jeroan, sayur-sayuran berdaun hijau, sayuran berwarna oranye dan kuning, tomat, buah-buahan, dan minyak nabati. 

Meski terdapat pada banyak jenis makanan, Moms harus tahu bahwa setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda akan vitamin A. Umumnya, bayi dan anak-anak hanya memerlukan 300–1.200 mcg setara aktivitas retinol (RAE). 

Selanjutnya, kebutuhan orang dewasa akan  vitamin A yang berkisar antara 700 hingga 1.300 mcg. Angka ini termasuk bagi mereka yang sedang hamil dan menyusui ya, Moms. 

Memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh bertujuan untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Oleh karenanya, mencukupi kebutuhan konsumsi vitamin ini sangat perlu diperhatikan. 

Baca Juga: Penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing.

Vitamin E 

Vitamin E sangat banyak ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, minyak sayur, dan sayuran berdaun hijau. Mengonsumsi berbagai makanan tersebut akan mendukung pemenuhan kebutuhan vitamin E dalam tubuh. 

Pasalnya, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang membantu fungsi kekebalan tubuh. Caranya dengan menjaga integritas membran sel dan penghalang epitel, termasuk meningkatkan produksi antibodi, proliferasi limfosit, dan aktivitas sel pembunuh alami. 

Bahkan tidak hanya itu, laman National Institute of Health menyebutkan bahwa vitamin E juga sangat berperan dalam membatasi peradangan, yaitu dengan menghambat produksi sitokin proinflamasi. 

Oleh karenanya, memberikan makanan tinggi vitamin E dapat mendukung tubuh lebih bertenaga sehingga terhindar dari lemas. 

Moms, itulah jenis-jenis vitamin untuk badan lemas yang sangat direkomendasikan. Memenuhi kebutuhan vitamin tersebut akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh setiap orang. Hasilnya, imun tubuh yang baik menjadikan tubuh bertenaga. 

Tapi, Moms juga bisa memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan dari Vitummy untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan. Pasalnya, madu herbal yang dibuat dari bahan alami ini mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh. 

Bahan alami yang dimaksud, yaitu madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. Berbagai bahan tersebut mengandung berbagai vitamin yang diperlukan tubuh. 

Yuk, bantu tingkatkan daya tahan tubuh dengan Vitummy dan dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?