logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh, Penting Banget untuk Kesehatannya!

vitamin yang dibutuhkan tubuh

Vitamin punya banyak peran penting dalam tubuh loh, Moms. Salah satunya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun). Kondisi imun yang baik akan membantu tubuh agar tetap sehat dan bisa melawan berbagai patogen penyebab penyakit. 

Tapi, tahukah Moms apa saja vitamin yang dibutuhkan tubuh? Ada 13 jenis vitamin yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh sehingga sangat dibutuhkan. 

Artikel ini akan mengulas secara detail jenis-jenis vitamin dan jumlahnya yang diperlukan oleh tubuh. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari 

Setiap hari, tubuh memerlukan vitamin untuk mendukung seluruh aktivitasnya ya, Moms. Pasalnya, tanpa asupan vitamin yang cukup maka tubuh akan kesulitan beraktivitas secara maksimal. Oleh karenanya, peran vitamin bagi tubuh sangatlah penting. 

Nah, perlu Moms ketahui bahwa ada beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Melansir laman National Institute of Aging, ada 13 jenis vitamin yang penting bagi tubuh

Adapun jenis-jenis vitamin yang dimaksud, yaitu vitamin A, C, D, E, K, dan vitamin B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, B6, B12, dan folat). Masing-masing vitamin memiliki fungsi tersendiri bagi tubuh. 

Lalu, apa saja fungsi dari vitamin-vitamin tersebut bagi tubuh? Berikut adalah penjelasannya. 

Vitamin A 

Selanjutnya, jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh setiap hari adalah vitamin A. Menurut Kemenkes RI, fungsinya bagi tubuh dapat menstimulasi produksi sel darah putih yang memiliki peran untuk mendukung pembentukan tulang, menjaga dan mendukung sel-sel dalam tubuh, serta meningkatkan daya tahan. 

Moms bisa mendapatkan vitamin A dari beberapa makanan antara lain sayuran berdaun hijau, tomat, wortel, buah, hati sapi, minyak ikan, telur, dan lain sebagainya. Mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin ini membantu mencegah beberapa penyakit. 

Penyakit yang sering terjadi akibat kekurangan vitamin A, yaitu ISPA, pneumonia, diare, dan campak. Oleh karenanya, Moms harus memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A setiap hari untuk terhindar dari penyakit tersebut. 

Vitamin C 

Tubuh sangat membutuhkan vitamin C setiap hari sebagai agen antiinflamasi. Seperti dalam laman PKGM Universitas Gajah Mada, vitamin C berperan sebagai antiinflamasi yang mampu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif. Hasilnya, tubuh yang mendapatkan asupan vitamin C secara cukup akan sulit terkena inflamasi ya, Moms. 

Inflamasi (peradangan) itu sendiri merupakan respon alami dari sistem kekebalan tubuh saat sedang melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus/bakteri, cedera, atau racun tertentu. 

Memberikan asupan vitamin C bagi tubuh akan mencegah terjadinya hal-hal tersebut. Cara ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai makanan, seperti jeruk, mangga, stroberi, nanas, tomat, jambu, kiwi, dan pepaya. 

Itulah beberapa jenis makanan mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari, yaitu vitamin C.

Vitamin D 

Vitamin D juga sangat diperlukan oleh tubuh ya, Moms. Alasannya, vitamin ini punya banyak fungsi bagi tubuh. Melansir laman Rumah Sakit Akademik UGM, berikut adalah beberapa fungsi vitamin D. 

  • Membantu menyerap kalsium dalam tubuh sehingga dapat mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis pada usia lanjut. 
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah berbagai patogen penyebab penyakit masuk dan menginfeksi tubuh. 
  • Memaksimalkan fungsi otot sehingga mencegah fisik yang lemah pada usia lanjut. 
  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Caranya dengan membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Itulah beberapa manfaat vitamin D yang bisa didapatkan tubuh ya, Moms. Mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin D antara lain ikan berlemak, produk susu, kuning telur, dan hati hewan. 

Vitamin E 

Menurut laman Harvard University, vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dengan beberapa bentuk. Meski demikian, alfa-tokoferol merupakan satu-satunya yang dimanfaatkan oleh tubuh manusia. 

Fungsi vitamin E dalam tubuh menurut laman Mayo Clinic sangat penting untuk penglihatan, reproduksi, kesehatan darah, otak, dan kulit. Selain itu, juga memiliki sifat antioksidan yang baik bagi tubuh. 

Mom, untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin E. Menurut laman Healthline, jenis makanan yang dimaksud seperti kacang-kacangan dan minyak, ikan, sayuran, dan buah-buahan tertentu. 

Vitamin K 

Vitamin K termasuk jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Sebab, perannya dalam tubuh dikenal sebagai pembekuan darah ya, Moms. Manfaatnya adalah mencegah terjadinya pendarahan yang berlebihan. 

Menurut Kemenkes RI, vitamin K merupakan sekelompok senyawa yang bersatu untuk mensintesis protein yang berperan membekukan darah. Adapun senyawa yang paling penting, yaitu vitamin K1 dan K2. 

Moms, senyawa tersebut ternyata bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau dan beberapa sayuran lainnya. Selain itu, juga makanan yang berasal dari daging, keju, bakteri yang disintesis, dan telur. 

Mengonsumsi jenis makanan tersebut nih Moms bisa memberikan banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan tulang dan jantung. Bahkan, kebutuhan tubuh yang tercukupi akan vitamin ini akan membantu mencegah pendarahan parah, terutama ketika mengalami luka. 

Oleh karenanya, Moms perlu memenuhi asupan vitamin K dalam tubuh dengan memberikan beberapa makanan tersebut. 

Rekomendasi Artikel Lain: Bolehkah Minum Vitamin Saat Sedang Diare?

Vitamin B Kompleks 

Menurut laman National Institute of Health, vitamin B termasuk tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, B6, B12, dan folat. Beberapa vitamin tersebut termasuk vitamin yang paling penting untuk tubuh. 

Alasannya, vitamin B kompleks dapat membantu tubuh menghilangkan stres, meningkatkan kinerja kognitif, dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Seperti menurut laman Healthline, vitamin ini umumnya terdapat pada beberapa bahan berikut. 

  • B1 (thiamine), yaitu vitamin B kompleks yang dapat memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh. Caranya dengan membantu mengubah nutrisi menjadi energi. Adapun sumbernya, seperti bunga matahari dan bibit gandum. 
  • B2 (riboflavin), yaitu vitamin yang bisa membantu mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, juga  bertindak sebagai antioksidan. Kandungan ini terdapat dalam jeroan, daging sapi, dan jamur. 
  • B3 (niacin), yaitu vitamin yang menjalankan peran sebagai sinyal seluler dalam tubuh, membantu metabolisme, serta produksi dan perbaikan DNA. Makanan yang mengandung ini antara lain ayam, tuna, dan lentil (kacang mini). 
  • B5 (pantotenat), yaitu membantu tubuh memperoleh energi dari makanan. Selain itu, juga terlibat dalam produksi hormon dan kolesterol. Kandungan ini bisa didapatkan dari ikan, yoghurt, dan alpukat. 
  • B6 (pyridoxine), yaitu vitamin yang terlibat dalam metabolisme asam amino, produksi sel darah merah, dan penciptaan neurotransmiter. Kandungan ini bisa didapatkan dari makanan antara lain buncis, salmon, dan kentang. 
  • B7 (biotin), yaitu kandungan vitamin yang sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan lemak. Biotin umumnya ditemukan dalam ragi, telur, salmon, keju, dan hati. 
  • B9 (folate), yaitu vitamin B kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan sel, metabolisme asam amino, pembentukan sel darah merah dan putih, serta pembelahan sel yang tepat. Vitamin ini terkandung dalam sayuran berdaun hijau, hati, dan kacang-kacangan. 

Itulah beberapa jenis vitamin yang termasuk dalam vitamin B kompleks. Jenis vitamin tersebut termasuk yang dibutuhkan tubuh setiap hari ya, Moms. Oleh karenanya, pemenuhan asupan vitamin B kompleks sangatlah penting. 

Berapa Kebutuhan Vitamin Per Hari? 

Jumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap orang berbeda-beda ya, Moms. Hal ini tergantung pada aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Tapi, Kemenkes RI punya angka kecukupan vitamin yang dianjurkan (per orang per hari). 

Dilansir dari laman Hukor Kemenkes RI, berikut adalah angka kecukupan vitamin yang dimaksud. 

Angka Kecukupan Vitamin yang Dianjurkan (Per Orang Per Hari) 

vitummy | Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh, Penting Banget untuk Kesehatannya!
vitummy | Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh, Penting Banget untuk Kesehatannya!
vitummy | Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh, Penting Banget untuk Kesehatannya!
vitummy | Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh, Penting Banget untuk Kesehatannya!

Itulah angka kecukupan vitamin sesuai yang dianjurkan Kemenkes RI ya, Moms. Jumlah tersebut berdasarkan kelompok umur. Oleh karenanya sebagai orang tua, Moms harus menyesuaikan jumlah vitamin yang diperlukan tubuh dengan usianya. 

Tapi, apabila Moms kesulitan memenuhi kebutuhan vitamin si Kecil, cobalah memberikan Vitummy. Madu herbal yang dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk ini punya banyak manfaat. 

Salah satunya bisa menjadi vitamin penambah nafsu makan anak yang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sebab, Vitummy mengandung formula Selenium Silver Pro. Fungsinya seperti vitamin dalam tubuh si Kecil. 

Oleh karenanya, memberikan Vitummy secara rutin bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang paling penting untuk tubuh. 

Baca Juga: Vitummy Diminum Sebelum atau Sesudah Makan?

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?