logo madu vitummy
Search
Close this search box.

10 Rekomendasi Sayur dan Buah Tinggi Serat

Buah Tinggi Serat

Moms ada banyak jenis makanan dan buah tinggi serat yang dapat dikonsumsi oleh si kecil. Serat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh si kecil, seperti meningkatkan sistem imun dan menyehatkan pencernaan.

Melansir dari Table Angka Kecukupan Gizi, dalam Peraturan Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019, tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat, bahwa bayi dan anak-anak dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 11-23 gram per hari. Dengan rincian:

  • Bayi 0-5 bulan : 0 gram serat per hari
  • Anak usia 6-11 bulan : 11 gram serat per hari
  • Anak usia 1-3 tahun : 19 gram serat per hari
  • Anak usia 4-6 tahun : 20 gram serat per hari
  • Anak usia 7-9 tahun : 23 gram serat per hari

Kebutuhan serat tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan seperti kacang, sayur atau buah tinggi serat.

Baca Juga: Cara Memberikan Makanan Padat pada Bayi

Jenis-jenis Makanan Tinggi Serat

buah tinggi serat

Moms, makanan tinggi serat sangatlah beragam, mulai dari buah-buahan hingga sayuran. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan tinggi serat berdasarkan kelompoknya.

Buah Tinggi Serat

Buah merupakan jenis makanan kaya gizi yang penting untuk dikonsumsi si kecil dalam masa pertumbuhan. Berikut ini adalah buah tinggi serat yang baik untuk pertumbuhan si kecil:

makanan buah dan sayur tinggi serat
  • Pepaya

    Siapa sih yang tidak tahu pepaya? Salah satu buah tinggi serat yang sering sekali digunakan untuk mengatasi sembelit baik pada anak maupun orang dewasa.

    Buah ini mengandung banyak gizi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan tentunya kaya akan serat.

  • Pisang

    Pisang merupakan salah satu jenis buah tinggi serat yang banyak digemari oleh anak-anak karena memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut.

    Karena rasa dan teksturnya tersebut, buah ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai MPASI ataupun camilan sehat untuk si kecil.

    Dalam 100 gram buah pisang, terdapat sekitar 2,6 gram serat dan kandungan gizi lainnya, seperti vitamin C, vitamin B6, dan kalium, yang baik untuk menjaga kesehatan si kecil.

  • Apel

    Siapa sih yang tidak suka apel? Buah tinggi serat yang identik dengan makanan orang diet ini ternyata mengandung banyak gizi yang baik untuk pertumbuhan si kecil, lho. Melansir dari Panganku, dalam 100 gram buah apel terdapat 2,6 gram serat.

    Kandungan serat dan air dalam buah apel ini tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, namun dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat sehingga sangat ideal untuk menurunkan berat badan.

  • Stroberi

    Moms, hampir setiap anak menyukai buah stroberi karena warna dan bentuknya yang lucu. Namun siapa sangka, buah kecil berwarna merah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho.

    Faktanya, dalam 100 gram buah stroberi terdapat 2 gram serat yang baik untuk memelihara kesehatan pencernaan si kecil. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

    Namun, sebelum memberikan buah ini pada si kecil, pastikan bahwa si kecil tidak memiliki alergi terhadap stroberi.

  • Alpukat

    Selain mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh si kecil, alpukat juga termasuk ke dalam jenis buah tinggi serat lho. Dalam 100 gram buah alpukat terdapat 6,7 gram kandungan serat.

  • Mangga

    Selain digunakan sebagai campuran rujak, buah yang dikenal sebagai buah tropis ini mengandung banyak gizi yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anak.

    Melansir dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, dalam 100 gram buah mangga terdapat 1,8% kandungan serat, terdiri dari serat pangan larut dan serat pangan tidak larut. Kedua jenis serat tersebut memiliki peran penting bagi kesehatan manusia.

    Salah satu fungsi dari serat pangan larut yaitu untuk memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus sehingga makanan yang dikonsumsi dapat terurai dengan mudah dan diserap dengan baik oleh usus.

  • Pir

    Moms, ternyata pir juga termasuk ke dalam buah tinggi serat yang aman untuk dikonsumsi bayi lho. Dalam 100 gram buah pir terdapat sekitar 3,1 gram serat. Moms dapat menghaluskan terlebih dahulu buah pir menggunakan blender sebelum disajikan pada si kecil karena buah ini memiliki tekstur yang lumayan keras.

  • Buah Naga

    Moms, ternyata buah naga juga termasuk ke dalam jenis buah tinggi serat. Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah naga terdapat 3,2 gram serat.

    Selain itu, buah naga merah juga mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik pada usus. Prebiotik merupakan serat khusus yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

  • Raspberry dan Blueberry

    Tak mau kalah dengan buah tinggi serat lainnya, ternyata buah raspberry juga termasuk ke dalam buah tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi si kecil. Dalam 100 gram buah raspberry terdapat sekitar 6,5 gram serat yang dapat membantu memenuhi asupan serat harian si kecil.

Sayuran Tinggi Serat

Selain buah-buahan, serat pun bisa diperoleh dari sayur-sayuran, seperti:

  • Wortel

    Selain buah-buahan, ternyata asupan serat si kecil dapat dipenuhi melalui pemberian sayur-sayuran yang mengandung banyak serat, salah satunya adalah wortel. Wortel merupakan salah satu sayuran yang terkenal kaya akan serat. Selain itu, wortel pun mengandung banyak vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata si kecil.
  • Brokoli

    Brokoli merupakan sayuran yang sangat menyehatkan. Sayuran ini mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh bayi sehingga sangat ideal untuk dijadikan sebagai MPASI. Melansir dari laman Dinas Pertanian Provinsi Banten, dalam 100 gram brokoli, terdapat 2,6 gram serat serta vitamin seperti folat, niacin, vitamin A, C, E, dan K.

  • Bayam

    Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang memiliki kandungan serat tinggi. Dalam 100 gram serat terdapat 2,2 gram serat yang baik untuk kesehatan pencernaan si kecil.

  • Asparagus

    Meski tergolong ke dalam sayuran yang jarang dikonsumsi dan mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat, ternyata asparagus termasuk ke dalam jenis sayuran yang kaya akan gizi, seperti serat protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan folat.

    Mengutip dari laman hellosehat, dalam 100 gram asparagus mentah, terdapat 2,1 gram serat yang baik untuk menyehatkan sistem pencernaan si kecil.

    Kandungan serat tidak larut yang tinggi memiliki manfaat untuk melancarkan gerakan usus sehingga dapat membuat si kecil terhindar dari risiko sembelit.

    Sementara serat larut dalam asparagus ini berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam usus (bakteri Bifidobacteria dan Lactobacillus).

    Selain dari sayuran, serat dapat diperoleh melalui kacang-kacangan, seperti kacang polong,biji chia, kacang merah, dan kacang almond.

Manfaat Serat Untuk Bayi dan Anak

manfaat buah tinggi serat

Moms, tidak hanya berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna anak, serat juga berfungsi untuk menyerap gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga anak dapat tumbuh kembang dengan optimal.

Adapun beberapa manfaat serat untuk si kecil di antaranya adalah:

  • Mencegah sembelit
  • Mencegah obesitas
  • Mengurangi risiko diabetes
manfaat buah dan sayur

Itulah informasi tentang makanan tinggi serat yang penting untuk pertumbuhan si kecil. Untuk memenuhi kebutuhan serat, konsumsi Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Madu Vitummy terbuat dari madu dan ekstrak tanaman herbal pilihan, seperti temulawak, rimpang temu hitam, bawang putih, dan buah pepaya yang sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan si kecil.

Kunci anak sehat dimulai dari pencernaan yang sehat. Dengan Madu Vitummy, pencernaan anak sehat, nafsu makan anak meningkat.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?