logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5+ Cara Melatih Anak Membaca

Cara Melatih Anak Membaca

Cara Melatih Anak Membaca – Tahukah moms bahwa pada usia 2-3 tahun merupakan masa yang paling mudah untuk melatih anak membaca? Pada usia tersebut, anak memiliki kemampuan menyerap informasi yang sangat baik sehingga ia dapat belajar membaca dengan mudah dan cepat.

Selain itu, pada usia 2-3 tahun, anak menganggap membaca sebagai kegiatan yang menarik dan membantu membuat harinya menjadi menyenangkan sehingga ia menjadi gemar membaca sejak dini.

Gemar membaca sejak usia dini memberikan manfaat yang sangat banyak pada anak, seperti memperoleh pengetahuan dan wawasan baru, meningkatkan kecerdasan, melatih anak untuk memiliki pola pikir yang kritis, dan membantu anak untuk mempelajari segala sesuatu dengan cepat dan mudah.

Namun, seringkali anak sulit untuk diajarkan membaca sejak dini. Untuk mengatasinya, berikut adalah cara melatih anak membaca dengan mudah dan menyenangkan. Yuk kita simak sama-sama!

Mengenalkan Huruf pada Anak dengan Cara yang Menyenangkan

Melatih anak membaca membutuhkan kesabaran yang lebih. Rasa bosan, frustasi, dan kesal, kerap menghampiri para orang tua yang sedang melatih anak membaca.

Terkadang, para orang tua ingin buru-buru anaknya dapat membaca akibat persaingan sosial sehingga mereka kerap memarahi anaknya yang tak kunjung dapat membaca.

Memarahi anak bukan merupakan cara melatih anak membaca. Memarahi justru akan membuat anak memiliki pikiran bahwa belajar membaca merupakan aktivitas yang menegangkan. Dengan demikian, anak akan menjadi tertekan, malas, dan tidak mau belajar membaca.

Untuk membuat aktivitas latihan membaca menjadi menyenangkan, berikut adalah beberapa tips cara mengenalkan huruf pada anak dengan cara menyenangkan.

Biarkan Anak Memilih Buku yang Ia Sukai

vitummy | 5+ Cara Melatih Anak Membaca
Ilustrasi Anak Membaca Buku yang Disukai

Cara melatih anak membaca tanpa tekanan adalah dengan membaca buku yang mereka sukai. Biasanya anak-anak menyukai buku cerita yang memiliki banyak gambar. Meski demikian, tetap perhatikan isi buku yang ia pilih, jangan sampai buku tersebut memberikan informasi yang salah.

Rutin Membacakan Buku pada Anak

Rutin membacakan buku pada anak merupakan salah satu cara melatih anak membaca dengan menyenangkan. Membacakan buku seperti dongeng sebelum tidur dapat membantu menambah kosakata pada anak, mengetahui fonetik huruf yang benar, dan memungkinkan anak untuk memiliki struktur kalimat yang baik.

Selain itu, rutin membacakan dongeng sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak, memperkuat daya ingat, serta meningkatkan kedekatan antara anak dan orang tua.

Cara Melatih Anak Membaca dengan Poster Huruf

Menempelkan poster huruf di dinding kamar anak atau tempat yang sering dijangkaunya merupakan salah satu cara melatih anak membaca.

Moms dapat melatih dengan cara tebak-tebakan huruf. Misalnya, moms bertanya mana huruf “a”, kemudian si kecil akan menunjukan huruf tersebut. Selain poster huruf, moms juga dapat menempelkan poster hewan atau sayuran untuk mengenalkan jenis-jenis hewan dan sayur.

Cara Melatih Anak Membaca dengan Flashcard

vitummy | 5+ Cara Melatih Anak Membaca
Ilustrasi Flashcard

Flashcard merupakan alat untuk bermain dan belajar menggunakan satu set kartu dengan berbagai ukuran, gambar, dan kosakata sederhana.

Flashcard dapat membantu anak untuk mengenal dan menghafal huruf. Moms bisa melatih anak untuk merangkai suatu kata menggunakan beberapa flashcard huruf. Jangan lupa untuk mengenalkan fonetik atau pengucapan dari masing-masing huruf dengan cara tepat dan benar ya moms.

Menggunakan Media Papan Flanel

Sebuah penelitian dari Universitas Negeri Yogyakarta membahas mengenai upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pada anak dapat ditingkatkan menggunakan permainan media papan flanel.

Permainan papan flanel membantu anak untuk mendengar, mengenali, dan meniru bunyi kalimat dan kata. Ketika bermain papan flanel, mintalah anak untuk memilih sebuah papan dengan huruf yang moms sebutkan. Kemudian, mintalah ia untuk menyebutkan kembali huruf yang ada papan flanel tersebut.

Selain itu, moms juga dapat menanyakan kata benda atau kerja yang berawalan huruf yang ada pada papan flanel. Misalnya, “A” untuk apel dan “B” untuk belimbing.

Belajar Membaca Menggunakan Lagu

Selain permainan papan flanel, cara melatih anak membaca adalah dengan menggunakan lagu. Dengan menyanyikan lagu alfabet seperti ABC songs, anak akan mudah mengingat jenis-jenis huruf yang ada dalam bahasa Indonesia.

Storytelling

Cara melatih anak membaca secara menyenangkan adalah dengan storytelling. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas PGRI Palembang menunjukkan bahwa storytelling memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan menulis, meningkatkan minat membaca, dan membangun kecerdasan emosional anak. Dengan storytelling atau membacakan cerita kepada anak mampu mendorong anak untuk mencintai buku dan menumbuhkan minat membaca.

Menggunakan Setiap Media yang Ada

Cara melatih anak membaca dengan cara yang menyenangkan adalah dengan menggunakan setiap media yang ada dan terlihat. Misalnya, ketika pergi ke suatu tempat, moms dapat membacakan atau meminta si kecil untuk membaca tulisan yang ada pada baliho, spanduk, atau bahkan bungkus makanan.

Menuliskan Huruf untuk Merangkai Namanya

Selain melatih kemampuan menulis, menuliskan huruf untuk merangkai namanya dapat membantu anak untuk belajar membaca. Moms dapat menuliskan nama si kecil dalam buku kemudian memintanya untuk mengikuti tulisan sambil menyebutkan huruf-huruf yang ia tulis.

Mengajarkan Suku Kata

Setelah anak mengenal dan menghafal huruf, tugas moms selanjutnya adalah mengajarkannya untuk mengenal dan menghafal suku kata. Ada banyak suku kata yang ada di dalam konsonan B sampai Z dan diikuti huruf vokal A,I,U,E,O. Seperti, ba,bi,bu,be,bo,ca,ci,cu,ce,co, dan seterusnya. Biarkan si kecil untuk menghafal suku-suku kata tersebut. Setelah ia dapat menghafal suku kata, ajarkan ia untuk merangkai beberapa kata dengan menggunakan suku kata.

Ajari Anak Membaca Kata Secara Utuh

Setelah mengenal huruf dan menghafal suku kata, selanjutnya ajarkan anak untuk membaca kata secara utuh. Pada awalnya, anak mungkin akan kesulitan membaca secara utuh sehingga ia harus mengejanya terlebih dahulu.

Namun, moms harus terus rajin dan pantang menyerah dalam melatih anak membaca sehingga ia dapat membaca dengan lancar tanpa harus dieja terlebih dahulu.

Menggunakan Teknologi

vitummy | 5+ Cara Melatih Anak Membaca
Ilustrasi Playpad

Ada banyak mainan edukasi yang dapat membantu moms melatih anak membaca. Misalnya, playpad musik atau mainan laptop untuk membantu anak belajar mengenal huruf, angka, maupun hal lainnya seperti jenis-jenis benda.

Tips Agar Anak Tidak Cepat Bosan Membaca

vitummy | 5+ Cara Melatih Anak Membaca
Ilustrasi Anak Tidak Bosan Membaca

Seiring berjalannya waktu, anak mungkin akan kehilangan minat membaca karena bosan atau mengantuk. Terlebih jika ia sudah mulai memasuki masa sekolah dan sibuk dengan berbagai kegiatan, seperti mengerjakan tugas sekolah atau bermain dengan teman-teman barunya. Agar anak tetap gemar membaca, berikut ada beberapa tips yang dapat moms lakukan.

  • Hindari menarget waktu anak membaca.
  • Sediakan tempat khusus untuk membaca yang nyaman dan menyenangkan.
  • Biarkan anak membaca sambil mendengarkan versi audionya.
  • Membacakan dongeng sebelum tidur. Anak biasanya menyukai jenis cerita yang berhubungan dengan fabel, legenda, dan budaya.

Itulah beberapa cara melatih anak membaca dengan cara yang menyenangkan. Kemampuan membaca pada anak dapat dipengaruhi oleh asupan gizi dan kualitas kesehatannya. Agar anak sehat dan pintar, rutinlah mengonsumsi Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur. Dengan Madu Vitummy, anak sehat dan kreatif, mommy bebas panik.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?