15 Dampak Negatif Media Sosial Pada Anak, Harus Dipahami Orang Tua!

Anak-anak zaman now tidak bisa dilepaskan dari keberadaan media sosial. Bahkan, media sosial seperti sudah melekat dalam aktivitas sehari-hari. 

Bahayanya, ada banyak dampak negatif media sosial, terutama untuk anak-anak. Terlebih apabila dalam penggunaannya dilakukan secara berlebihan. 

Lalu apa saja dampak negatif media sosial pada anak? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Oleh karena itu, simak di bawah ini ya, Moms! 

1. Masalah Kecemasan Mental 

Dampak Negatif Media Sosial

Dampak negatif media sosial pada anak yang pertama adalah dapat menimbulkan masalah kecemasan (anxiety). Kondisi ini bisa terjadi apabila anak menggunakan media sosial secara berlebihan. 

Media sosial banyak menampilkan konten yang cenderung pamer kemewahan, gaya hidup mewah, dan konsumerisme akan suatu hal. Konten semacam ini kemudian memengaruhi anak untuk membandingkan dirinya dengan orang yang ditonton. 

Semakin lama anak menonton hal tersebut dalam media sosial maka akan timbul rasa cemas dalam dirinya. Jika dibiarkan, anak bisa berpotensi mengalami anxiety disorder. 

Baca Yuk: Kenali Tanda-Tanda Anak Mengalami Gangguan Mental, Perlu Tahu

2. Menimbulkan Kecanduan Gadget 

Dampak negatif media sosial selanjutnya adalah dapat menimbulkan kecanduan gadget pada anak. Pasalnya, media sosial merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari gadget. Oleh karena itu, semakin sering anak bermain media sosial maka akan sering pula anak menggunakan gadget hingga mengarah pada kecanduan. 

Simak Juga: Berapa Lama Anak Boleh Bermain Gadget? Ini Dampaknya

3. Pergaulan Bebas 

Dampak negatif media sosial berikutnya adalah menjadikan anak memiliki pergaulan bebas. Hal ini dikarenakan banyaknya pengaruh pergaulan bebas yang ditayangkan di media sosial. Akibatnya, banyak anak yang kemudian mengikuti gaya tersebut. 

4. Sulit Bersosialisasi Dengan Lingkungannya 

Dampak Negatif Media Sosial

Selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, dampak negatif media sosial juga bisa menjadikan anak sulit bersosialisasi dengan lingkungannya. 

Hal ini terjadi dikarenakan anak lebih memilih bermain dengan gadget dibanding dengan teman di sekelilingnya. Oleh karena itu, anak menjadi sulit bersosialisasi dan tidak memiliki teman. 

5. Malas Belajar 

Anak-anak adalah masa di mana masih harus mendapatkan pendidikan, misalnya di sekolah. Salah satu kewajiban seorang pelajar adalah belajar. 

Akan tetapi, anak yang sudah kecanduan bermain media sosial dengan gadget biasanya menjadi malas belajar. Oleh karena itu, dampak negatif media sosial pada anak adalah malas belajar. 

6. Tidak Bisa Mengatur Waktu 

Tidak bisa mengatur waktu juga merupakan dampak negatif media sosial. Pasalnya, anak-anak yang kecanduan bermain media sosial biasanya menjadikan aktivitas sehari-harinya terlambat. Hal ini dikarenakan anak suka menunda pekerjaannya. 

7. Memungkinkan Terjadinya Cyber Bullying 

Dampak Negatif Media Sosial

Apa itu cyber bullying? Cyber bullying merupakan perundungan yang terjadi di dunia maya. Hal ini sering terjadi sebagai dampak negatif media sosial. Sebabnya karena penggunaan media sosial yang terlalu bebas, salah satunya untuk melakukan perundungan. 

8. Memungkinkan Terjadinya Cyber Crime 

Cyber crime atau yang dikenal dengan kejahatan dunia maya termasuk salah satu dampak negatif media sosial bagi anak. Hal ini dipengaruhi oleh kemudian media sosial untuk berkomunikasi atau bahkan bertemu dengan orang baru. 

Nah, sering kali bertemu dengan orang baru justru membuat anak menjadi tidak nyaman atau bahkan parahnya adalah anak mendapatkan perilaku kejahatan. 

9. Melihat Tayangan Tidak Sesuai Usia 

Meskipun beberapa media sosial telah mengatur tayangan berdasarkan usia pengguna. Akan tetapi masih banyak tayangan yang bisa diakses bebas. Bahkan, banyak anak sekarang yang sangat mudah mengakses tayangan-tayangan dewasa. 

Kondisi tersebut menjadikan dampak negatif media sosial adalah anak dapat melihat tayangan yang tidak sesuai dengan usianya. Hal ini berpotensi mendukung anak untuk melakukan pergaulan bebas. 

10. Membentuk Pribadi yang Keras dan Agresif 

Dampak Negatif Media Sosial

Media sosial saat ini sangat terbuka untuk menampilkan tayangan-tayangan games yang sifatnya kekerasan dan agresif. Jika ditonton terus-menerus maka bisa membentuk pribadi anak yang keras dan agresif. Oleh karena itu, hal ini menjadi salah satu dampak negatif media sosial pada anak. 

11. Gangguan Kesehatan Fisik 

Dampak negatif media sosial yang paling mudah diidentifikasi adalah anak mengalami gangguan fisik. Kondisi ini disebabkan karena anak biasanya telah kecanduan gadget, sehingga dalam penggunaannya berlebihan. 

Aktivitas tersebut kemudian mengganggu kesehatan fisik, seperti mata menjadi kering, menimbulkan rasa pusing, mual, sakit kepala, pegal pada leher. Akibatnya, anak menjadi sulit berkonsentrasi dan belajar. 

12. Terpapar Kabar Bohong (Hoax)

Kabar bohong (hoax) merupakan dampak negatif media sosial yang paling banyak terjadi belakangan ini. Alasannya karena media sosial merupakan media paling mudah untuk menyebarkan berita. 

Namun, banyak berita atau kabar bohong yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, banyak orang yang terprovokasi atas kabar bohong tersebut hingga mengakibatkan perkelahian atau bahkan kerugian lainnya. 

Itulah alasan hoax termasuk dampak negatif media sosial. 

13. Mengganggu Komunikasi Langsung 

Dampak Negatif Media Sosial

Seperti kita ketahui bahwa media sosial merupakan salah satu media berkomunikasi dalam dunia maya. Akan tetapi, kondisi ini sepertinya telah lumrah dilakukan, sehingga sering mengganggu komunikasi langsung. 

Kata pepatah, “media sosial bisa mendekatkan yang jauh, namun bisa menjauhkan yang dekat”. Apa makna dari pepatah ini? Maknanya adalah dengan media sosial maka seorang anak bisa berkomunikasi dengan temannya yang lokasinya sangat jauh. 

Namun, karena sering terlalu fokus dengan komunikasi jarak jauh, akhirnya bisa mengganggu komunikasi dengan orang di dekatnya. Padahal, komunikasi dengan orang yang ada di dekat kita bisa dilakukan secara langsung tanpa media sosial. 

Itulah alasan mengganggu komunikasi langsung merupakan salah satu dampak negatif media sosial pada anak. 

14. Ancaman Ujaran Kebencian 

Selain hoax, ujaran kebencian (hate speech) juga merupakan dampak negatif media sosial, terutama pada anak-anak. Kondisi ini seringnya dipengaruhi oleh ketidakmampuan anak menyaring informasi. 

Banyak informasi bernada ujaran kebencian yang disebarluaskan melalui media sosial. Pada tahap ini diperlukan banyak wawasan untuk dapat menyaring informasi yang masuk. 

15. Ajang Mengumbar Rahasia 

Seperti telah menjadi rahasia umum bahwa media sosial sekarang ini sering dijadikan sebagai media untuk mengumbar rahasia. Hal ini tentunya menjadi salah satu dampak negatif media sosial pada anak. 

Pasalnya, banyak hal yang semestinya menjadi urusan pribadi kemudian dipublikasikan di media sosial. Akibatnya, urusan-urusan pribadi tersebut sering dijadikan sebagai bahan perundungan atau tindak kejahatan lainnya. 

Nah, itulah beberapa dampak negatif media sosial pada anak yang harus Moms ketahui agar anak terhindar dari hal tersebut. 

Selain sebagai dampak media sosial yang harus dihindari, gangguan kesehatan fisik juga merupakan masalah kesehatan yang harus diperhatikan. Misalnya, gangguan rasa lelah pada anak. 

Rasa lelah bisa juga disebabkan karena daya tahan tubuh yang kurang baik. Oleh karena itu, Moms perlu memberikan vitamin penambah nafsu makan dan pendukung daya tahan tubuh anak. 

Madu Vitummy adalah madu herbal dengan ekstrak bahan alami yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan menjaga daya tahan tubuh si kecil. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, Moms, beri anak Madu Vitummy secara rutin dan dapatkan manfaarnya!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar