Daun Kentang: Ketahui Manfaatnya

Daun kentang adalah tanaman yang sering dimanfaatkan dibagian umbinya, namun tidak hanya bagian umbinya saja lho, melainkan daun herbal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Apa saja manfaat daun kentang, efek samping, dan bagaimana cara mengonsumsinya?

Berikut ulasan lengkap seputar daun kentang yang sering dimanfaatkan sebagai obat alami dalam mengatasi penyakit.

Seputar Daun Kentang

Daun kentang masuk kedalam keluarga Solanaceae yang merupakan genus Solanum. Daun ini pertama kali ditemukan di wilayah Cisarua, Bandung (Cimahi) yang merupakan wilayah dengan cuaca yang dapat membantu pembentukan daun kentang tersebut.

Nama latin dari daun herbal ini adalah Solanum tuberosum Linn dan dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan sebutan Potato. Daun kentang memiliki efek yang bagus bagi kesehatan tubuh, sehingga bisa dijadikan obat herbal.

daun kentang

Ciri Daun Kentang

Daun kentang memiliki ciri atau karakteristik yang hampir serupa walaupun memiliki varietas yang berbeda.

Untuk warna daun kentang adalah hijau hingga hijau tua, batangnya berwarna hijau muda dan berbentuk segi empat atau segilima.

Semua tergantung pada jenis varietas tanaman, tidak berkayu, tekstur keras dan memiliki cabang, dan disetiap cabang batangnya ditumbuhi daun yang rimbun.

Jenis Daun Kentang

Untuk jenis daun kentang sendiri meiliki bentuk daun kentang yaitu berdaun rimbun, terletak pada batang tanaman yang berselang-seling. Daun kentang mempunyai bentuk oval, dengan ujung yang meruncing dan tulang yang menyirip.

Beberapa jenis varietas dari kentang diantaranya seperti:

  • egenheimer
  • patrones
  • rapan 106
  • thung 151 C

Kandungan Gizi Daun Kentang

manfaat daun kentang

Daun kentang dikenal dengan kandungan gizi seperti protein, lemak, hingga zat besi. Dan untuk kandungan gizi yang cukup tinggi dari daun kentang adalah karbohidrat yang mana karbohidrat memiliki fungsi dalam memberikan energi pada tubuh.

Cara Menyimpan Daun Kentang Agar Tetap Segar

Penyimpanan obat herbal yang akan digunakan dalam jangka waktu panjang perlu disimpan secara baik dan tepat, berikut ini tips menyimpannya.

Simpan dalam Kondisi Layak dan Segar

  • Pertama siapkan terlebih dahulu beberapa daun kentang yang akan disimpan.
  • Lalu cuci sebelum disimpan.
  • Setelah itu, gunakan plastik ziplock untuk wadahnya.
  • Masukkan daun kedalam plastik dan tutup rapat.
  • Simpan dalam lemari es atau frezzer untuk menjaga kondisi daun agar tetap segar.
  • Jika ingin digunakan, keluarkan terlebih dahulu dari lemari es agar tidak terlalu kaku.

Kandungan Senyawa yang Terkandung

Daun kentang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Fungsi daun kentang dipercaya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Tentunya, dengan hal tersebut daun herbal ini memiliki berbagai kandungan senyawa, seperti serat yang dapat melancarkan pencernaan, zat besi, protein, kalsium, dan lainnya.

Kandungan zat senyawa pada daun ini memiliki peran masing-masing dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dan tidak hanya keempat kandungan senyawa tersebut saja, masih banyak lagi kandungan senyawa yang ada pada daun herbal alami ini, yang mana juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Misalnya saja, kandungan serat, dimana serat dikenal dalam mengatasi masalah sembelit pada pencernaan.

Berikut ini adalah daftar table kandungan senyawanya:

NamaJumlahSatuan
Protein1.42%
Lemak0.52%
Serat0.67%
Karbohidrat68.37%
Zat besi8.82mg
Zinc0.09mg
Kalsium27.9mg
Fitat1.07mg
Asam Oksalat167.16mg

Manfaat dan Fungsi Daun Kentang

ciri daun kentang

Daun kentang adalah bagian dari tumbuhan kentang yang mana buahnya dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan, akan tetapi daun tumbuhan kentang juga dapat dimanfaatkan untuk obat herbal alami.

Maka kamu harus tahu manfaat dari daun kentang bagi kesehatan tubuh, simak yuk!

1. Mengatasi Penyakit Maag

Penyakit maag adalah penyakit yang menyerang pada bagian lambung, sehingga membuat kandungan asam pada lambung meningkat.

Dan ternyata daun dari tumbuhan kentang ini dapat memberikan manfaat untuk meredakan sakit maag.

Menurut beberapa penelitian, daun herbal alami ini bisa menjadi obat herbal guna meringankan sakit maag yang tidak memberikan pergerakan pada bakteri yang menjadi penyebab terjadinya magg atau peradangan pada lambung.

2. Meringankan Penyakit Anemia

Selain mengatasi maag, daun herbal ini juga dapat mencegah terjadinya anemia, penyekit anemia sendiri dapat terjadi pada seseorang yang kekurangan sel-sel darah merah dalam tubuh yang berguna dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Anemia jika sudah terjadi pada tubuh akan membuat tubuh menjadi lemas dan kurang memiliki tenaga. Dan dengan mengonsumsi daun kentang ini dapat memberikan efek baik dalam mengatasi sakit anemia.

Kandungan yang terdapat daun herbal ini adalah zat besi yang cukup tinggi, zat besi berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah dan bekerja secara berkaitan dengan hemoglobin dan myoglobin.

3. Menjadi Sumber Energi

Tidak hanya memberikan efek baik bagi kesehatan, daun herbal ini diyakini dalam memberikan sumber energi karena daun ini mengandung senyawa seperti karbohidrat hingga protein.

Dari kedua kandungan senyawa tersebut, pastinya memberi peran sebagai sumber energi, karbohidrat contohnya yang dapat memberikan energi bagi tubuh, dan senyawa protein juga dapat memenuhi kebutuhan energi pada tubuh.

Protein memiliki fungsi dalam merawat jaringan dan fungsi penting pada tubuh manusia, sehingga tubuh akan mengubah kelebihan protein menjadi lemak dan dapat berguna dalam menjadi sumber energi cadangan untuk tubuh.

4. Membantu Pembentukan Antibodi

Daun kentang juga memiliki manfaat dalam membantu pembentukan antibodi, yang mana membuat tubuh menjadi terhindar dari penyakit atau virus.

Kandungan yang ada pada daun kentang adalah protein, dan senyawa tersebut juga membantu dalam mencegah serangan penyakit hingga infeksi pada tubuh.

Protein dapat mengidentifikasi dan meleburkan antigen seperti virus dan bakteri, sehingga antibodi dapat bekerjasama dengan sistem kekebalan tubuh lainnya.

Lalu antibodi akan mengindentifikasi dan mengelilingi antigen untuk menjaganya tetap terkurung hingga dihancurkan oleh sel darah putih.

5. Mengawasi Pembentukan Tulang

Tidak hanya berperan dalam pembentukan antibodi, daun herbal tanaman kentang ini dapat menjaga pembentukan tulang sehingga tulang dapat terjaga dengan baik.

Kandungan senyawa seperti kalsium dan magnesium yang pada daun ini berperan dalam meningkatkan kondisi tulang.

Kedua senyawa tersebut memiliki peran dalam merangsang tubuh untuk lebih produktif dalam memproduksi senyawa osteocalcin. Senyawa ini serupa dengan kolagen, akan tetapi hanya terdapat pada bagian tulang saja.

Dan untuk kandungan magnesium memiliki peran dalam penyerapan kalsium pada makanan yang akan diserap oleh tubuh.

Efek Samping

Meskipun memiliki banyak manfaat, daun kentang juga tidak jauh dari yang namanya efek samping. Maka ketika ingin mengonsumsi daun ini, jangan berlebihan, berikut ini efek sampingnya:

  1. Meningkatkan Kadar Kolestrol

    Kolestrol sering terjadi karena konsumsi obat-obatan herbal yang terlalu banyak mengandung lemak. Kandungan lemak yang dikonsumsi secara berlebih dapat meningkatkan terjadinya kolestrol pada tubuh.

    Kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat, badan linu, hingga lemas. Hal ini disebabkan oleh lemak yang dikonsumsi mengendap dalam tubuh.

  2. Asam Oksalat menjadi Berlebih

    Daun kentang dikenal dengan kandungan asam oksalat yang cukup tinggi, dan ini dapat memberikan efek samping untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur.

    Kadar asam oksalat yang tinggi jika dibiarkan didalam tubuh bisa menyebabkan pengikatan terhadap kandungan senyawa yang lain.

    Asam oksalat jika telah berkaitan dapata membentuk senyawa yang padat, dan dapat mengendap pada organ ginjal sehingga menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh.

Cara Mengonsumsi

cara konsumsi daun kentang

Bagaimana cara mengonsumsinya? Untuk mengonsumsi daun ini dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut:

Kripik Crispy

  • Siapkan beberapa helai daun kentang yang akan dibuat kripik crispy, pastikan daun yang dipilih masih segar dan hijau.
  • Cuci terlebih dahulu hingag bersih menggunakan air mengalir.
  • Lalu buat adonan tepung dan masukkan daun ke dalam adonan tersebut, campur hingga rata.
  • Panaskan minyak dalam penggorengan, agar tidak lengket ketika digoreng.
  • Masukkan daun kentang yang sudah dibalut adonan tepung secara perlahan.
  • Masak daun tersebut hingga warnanya berubah menjadi kekuningan dan crispy.
  • Tiriskan pada piring dan sajikan menggunakan sambal atau saus, dan sudah siap untuk disantap.

Menjadi Masakan Tumis

Selain dibuat menjadi kripik crispy, daun ini juga bisa diolah dengan cara ditumis seperti kangkung. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Siapkan terlebih dahulu daun kentang yang akan dimasak, pastikan masih segar dan berwarna hijau.
  • Cuci dengan air mengalir hingga bersih.
  • Potong-potong daun menjadi beberapa bagian agar tidak terlalu besar.
  • Lalu siapkan bumbu tumis, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay yang diiris tipis, cabai rawit, gula, penyedap, saus tiram, lada, dan garam.
  • Siapkan minyak dan penggorengan, lalu oseng bawang merah dan bawang putih.
  • Berikutnya, masukkan daun kedalam penggorengan.
  • Tambahkan bumbu lainnya seperti cabai rawit, garam, gula, penyedap rasa, lada, saus tiram, aduk hingga merata hingga daun mulai layu dan matang.
  • Tiriskan tumisan pada piring dan sajikan dengan nasi.

Demikian informasi seputar daun herbal alami dari tanaman kentang ini, yang mana dapat menjaga dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat. Kamu juga harus baca nih 5+ Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh.


Share on:

Kami adalah Team Research Content yang menyajikan konten artikel di blog madu vitummy dengan interaktif, serta berdasarkan sumber yang akurat.

Tinggalkan komentar