logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Pahami 5+ Penyebab Kolesterol Naik

penyebab kolesterol naik

“Makan gorengannya jangan terlalu banyak, nanti kolesterolnya naik”. Begitulah kira-kira wejangan dari para penderita yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Namun, tahukah moms, ternyata penyebab kolesterol naik bukan cuma gorengan atau makanan lain yang bisa memicu kolesterol naik?

Tapi kebiasaan sehari-hari juga bisa menyebabkan kolesterol naik, lho!

Penasaran apa saja makanan penyebab kolesterol naik yang harus dihindari para penderita kolesterol tinggi?

Yuk, simak bersama penyebab kolesterol naik dalam artikel ini!

Apa Itu Kolesterol?

Penyebab kolesterol naik

Moms, sebelum kita masuk pada pembahasan tentang penyebab kolesterol naik, kita bahas apa itu kolesterol dan seperti apa kolesterol yang ideal terlebih dahulu, yuk!

Dilansir dari Rumah Sakit Krakatau Medika, kolesterol merupakan salah satu komponen lemak yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk mendampingi zat gizi lain, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Nah, kolesterol ini dibagi menjadi beberapa, yakni LDL, HDL, trigliserida, dan kolesterol total.

LDL atau High Density Lipoprotein (kolesterol baik)

LDL atau High Density Lipoprotein (kolesterol baik) berfungsi sebagai pencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak.

Kolesterol jenis ini sangat berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit jantung.

Dilansir dari Rumah Sakit Siloam, kadar kolesterol normal untuk HDL ialah minimal 60 mg/dL. Jika kadar HDL kurang dari 40 mg/dL, maka sangatlah tidak baik bagi jantung.

LDL atau Low Density Lipoprotein

Sementara LDL atau Low Density Lipoprotein (kolesterol jahat) merupakan salah satu penyebab utama dari pembentukan ateroma.

Trigliserida

Sedangkan trigliserida merupakan lemak yang berfungsi sebagai sumber tenaga. Trigliserida ini terbentuk saat tubuh mengubah jenis kalori yang tidak terpakai oleh tubuh.

Tubuh disarankan untuk menjaga kadar kolesterol trigliserida kurang dari 150 mg/dL. Adapun batas kadar kolesterol ini ialah 150-199 mg/dL. Jika lebih dari 200 mg/dL, maka moms harus waspada.

Kolesterol Total

Kolesterol total merupakan gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah.

Umumnya, untuk melihat kadar kolesterol seseorang, cukup dilihat dari kadar HDL dan trigliserida.

Jika kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal, dan jika kolesterol total mencapai 200-239 mg/dL maka termasuk batas tinggi.

Sedangkan jika kolesterol lebih dari 240 mg/dL, maka dikategorikan sebagai kolesterol tinggi.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental

Jadi, kesimpulannya ialah, kolesterol merupakan lemak yang ada dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan bahan baku beberapa hormon.

Namun, jika kadar kolesterol dalam darah berlebihan, bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke.

Penyebab Kolesterol Naik

Penyebab kolesterol naik

Moms, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kolesterol naik, mulai dari gaya hidup, penyakit tertentu, hingga faktor keturunan.

Berikut adalah beberapa penyebab kolesterol naik:

Sering Mengonsumsi Makanan yang Memiliki Kadar Lemak Jenuh Tinggi

Moms, mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi merupakan salah satu penyebab kolesterol naik yang paling umum.

Contoh dari makanan yang mengandung banyak lemak adalah bebek. Kulit bebek mengandung lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan unggas lainnya.

Jadi, hindari mengonsumsi daging bebek setiap hari ya moms, apalagi jika cara penyajiannya digoreng.

Selain bisa menyebabkan kolesterol naik, daging bebek juga bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya, seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan diabetes.

Adapun jenis makanan yang disebut-sebut oleh Kementerian Kesehatan RI mengandung lemak jahat yang tinggi di antaranya adalah kuning telur, mentega, keju, santan, dan lain sebagainya.

ciri ciri kolesterol naik

Kurang Berolahraga atau Beraktivitas

Selain makanan, ternyata kebiasaan kita juga bisa menjadi penyebab kolesterol naik, lho.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, kurang berolahraga dan malas beraktivitas juga bisa menyebabkan kadar kolesterol naik.

Sebab, ketika bergerak lemak di dalam tubuh akan diubah menjadi energi.

Jadi, jika kita kurang berolahraga dan malas beraktivitas, bisa menyebabkan penumpukan lemak dan terjadilah kenaikan kadar kolesterol.

Merokok

Moms, jika kita ingin hidup sehat, sebaiknya hindari kebiasaan merokok. Selain bisa memicu kanker paru-paru dan gangguan kesehatan pernapasan lainnya, merokok juga bisa menyebabkan kolesterol naik.

Dilansir dari Universitas Sumatera Utara, kandungan nikotin pada rokok bisa meningkatkan sekresi dari katekolamin sehingga meningkatkan loposis.

Nah, kondisi tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol total dalam darah meningkat.

Rokok juga bisa merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan lemak. Bahkan, merokok juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol yang terbuat dari fermentasi gandum bisa menjadi penyebab kolesterol naik.

Sebab, jika alkohol dikonsumsi secara berlebihan, karbohidrat yang terkandung di dalamnya bisa berubah menjadi trigliserida dan juga kolesterol jahat.

Tak hanya itu, minuman beralkohol identik dengan bahan-bahan penambah rasa. Contohnya percampuran vodka dengan minuman bersoda yang tinggi gula, atau minuman alkohol lainnya yang dicampur dengan sirup, dll.

Hal tersebut bisa membuat minuman alkohol berdampak buruk bagi kadar kolesterol tubuh.

Obesitas

Moms, dilansir dari Journal of the American Heart Association, obesitas bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Pasalnya, berat badan memiliki hubungan langsung dengan faktor risiko kardiovaskular, termasuk kolesterol tinggi.

Jadi, bertambahnya berat badan, kolesterol LDL dan trigliserida juga meningkat.

Riwayat Penyakit Tertentu

Moms, selain gaya hidup, penyebab kolesterol naik ialah riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, hipotiroidisme, gagal ginjal kronis, HIV/AIDS.

Faktor Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab kolesterol naik. Hal ini disebabkan oleh perubahan atau mutasi gen yang diturunkan oleh kedua orang tua.

Nah, mutasi gen ini membuat tubuh tidak bisa membuang kolesterol dari darah.

Akan tetapi, penyebab kolesterol naik jenis ini sangatlah jarang terjadi jika dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya.

Pertambahan Usia

Tak hanya faktor keturunan, pertambahan usia bisa menjadi penyebab kolesterol naik, terutama pada seseorang dengan usia 40 tahun ke atas.

Sebab, seiring bertambahnya usia, kinerja hati menjadi menurun sehingga kurang mampu membuang LDL atau kolesterol jahat.

Penyebab kolesterol naik

Itulah informasi tentang penyebab kolesterol naik. Jangan lupa untuk mengonsumsi Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Dengan Selenium Silver Pro, Madu Vitummy telah terbukti 3 kali lebih ampuh merangsang nafsu makan anak.

Madu Vitummy juga mengandung ekstrak herbal, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terkena risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy mulai dari sekarang!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?