logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Benarkah Puasa Bikin Awet Muda? Simak 5+ Penjelasannya!

puasa bikin awet muuda

Moms, pernah mendengar tidak, katanya puasa bisa bikin awet muda? Lantas benarkah puasa bikin awet muda?

Nah, bagi moms yang masih bingung, kenapa puasa bikin awet muda, Mindy bakal jelasin alasannya.

Puasa bukan hanya ibadah yang bisa memberikan banyak pahala, tapi juga manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya bisa bikin awet muda.

Ada banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa puasa bisa bikin awet muda.

Hal ini dikarenakan puasa bisa membantu mendetoksifikasi racun atau radikal bebas dalam tubuh sebagai penyebab utama dari penuaan dini.

Untuk lebih lanjut, mari kita simak bersama alasan kenapa puasa bikin awet muda dalam uraian berikut ini!

Baca Juga: Pahami Moms, Cara Mencegah Penyakit Degeneratif

Alasan Puasa Bikin Awet Muda

vitummy | Benarkah Puasa Bikin Awet Muda? Simak 5+ Penjelasannya!

Sebagai umat muslim, kita sudah sepatutnya bersyukur dan lebih giat lagi dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Selain untuk mendapatkan pahala, puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit.

Dengan puasa, kulit bisa menjadi lebih awet muda, lho!

Ada banyak alasan kenapa puasa bikin awet muda. Alasan tersebut bisa membuat moms menjadi lebih semangat untuk menjalankan puasa, lho!

Alasan-alasan tersebut di antaranya:

Puasa Bantu Lancarkan Regenerasi Kulit

vitummy | Benarkah Puasa Bikin Awet Muda? Simak 5+ Penjelasannya!

Saat puasa, kulit cenderung menjadi kering dan kusam karena kekurangan cairan. Namun ternyata, kondisi ini bisa meningkatkan proses terjadinya regenerasi kulit.

Kulit yang kering dan kusam tersebut akan digantikan dengan lapisan yang baru sehingga terlihat lebih bersih dan cerah.

Menyingkirkan Racun

Alasan kenapa puasa bikin awet muda karena puasa membantu tubuh untuk membersihkan racun dan zat-zat tidak baik lainnya, termasuk zat penyebab jerawat dan zat penyebab penuaan dini.

Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar sehingga kulit terlihat lebih halus dan awet muda.

Meredakan Stres

vitummy | Benarkah Puasa Bikin Awet Muda? Simak 5+ Penjelasannya!

Saat stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol secara berlebih sehingga bisa merangsang produksi hormon kortikotropin (CRH) yang memicu terjadinya pelepasan minyak dari kelenjar sebasea.

Produksi minyak berlebih tersebut tentu akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Selain itu, stres yang terjadi secara terus-menerus bisa mengganggu keseimbangan protein dalam kulit. Akibatnya, elastisitas kulit pun menjadi berkurang.

Berkurangnya kelenturan kulit tersebut bisa menimbulkan pembentukan keriput dan kerutan, sehingga kulit terlihat lebih tua.

Nah, alasan kenapa puasa bikin awet muda karena saat puasa, kadar hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal menjadi lebih stabil sehingga bisa mengurangi stres.

Dengan begitu, puasa bisa membantu menyehatkan kulit, termasuk meredakan jerawat dan menjaga kelenturan kulit sehingga kulit tampak lebih cerah dan awet muda.

Sel Tubuh Jadi Lebih Sehat

Moms mungkin khawatir jika puasa bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam karena kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Namun nyatanya, saat puasa tubuh bisa mengganti sel-sel tubuh lebih cepat dari biasanya.

Bahkan, bukan hanya sel kulit saja yang diperbaharui, tapi sel tubuh lainnya pun ikut terperbaharui.

Dengan begitu, puasa bisa mengurangi kerusakan sel dan menjaga DNA agar tetap sehat. Nah, kondisi tersebutlah bisa menunda terjadinya penuaan.

Dilansir dari Rumah Sakit Siloam, puasa bisa membuat metabolisme tubuh lebih baik karena membuat adanya pelepasan hormon adiponektin.

Hormon tersebut membantu setiap sel organ dan otot tubuh menyerap lebih banyak nutrisi, dan mengurangi kerusakan sel.

Hormon Pertumbuhan

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, puasa bisa meningkatkan hormon pertumbuhan.

Nah, hal tersebut bisa membantu mencegah proses penuaan sehingga puasa bikin awet muda.

Usus Besar yang Lebih Bersih

vitummy | Benarkah Puasa Bikin Awet Muda? Simak 5+ Penjelasannya!

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa puasa bisa membuat usus besar menjadi lebih bersih.

Puasa membuat usus tidak memproses makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama sehingga usus menjadi lebih bersih daripada biasanya.

Nah, hal tersebut bisa memaksimalkan kemampuan usus dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Dengan begitu, puasa bikin awet muda, apalagi jika didukung dengan pemilihan makanan dan minuman yang sehat saat sahur dan buka puasa.

Agar kulit lebih sehat saat puasa, konsumsilah banyak sayur dan buah-buahan yang mengandung tinggi serat, vitamin C, dan E.

Selain menyehatkan kulit, kandungan-kandungan tersebut bisa meningkatkan imunitas sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit.

Jangan lupa untuk mencukupi cairan tubuh dengan cara rajin mengonsumsi air minum dan makanan yang mengandung banyak cairan agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi selama puasa.

Itulah informasi tentang alasan kenapa puasa bikin awet muda. Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang pola asuh atau kesehatan anak, terutama kesehatan anak selama puasa, selalu kunjungi laman blog madu vitummy.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, Madu Vitummy bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan selama puasa.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?